Bukan Pemanis, Ini Peran Winglet di Honda CBR600RR

Kompas.com - 22/02/2021, 11:42 WIB
All New CBR600RR dengan warna baru telah hadir di Indonesia KOMPAS.COM/STANLY RAVELAll New CBR600RR dengan warna baru telah hadir di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibanderol dengan harga Rp 550 juta, CBR600RR akhirnya hadir di Indonesia. Motor super sport ini datang dengan beragam fitur modern.

Mengusung konsep Awaken The Race, CBR600RR tak hanya punya tampilan sporty, tapi secara desain juga dirancang kental aura balap.

Hal tersebut bisa dilihat dari srtuktur desain aerodinamis, serta bentuk fairing yang dibuat lebih tajam termasuk headlight guna menekan area frontal dan menghadirkan koefisien drag yang lebih kecil terhadap angin.

Paling menarik, Honda juga menyematkan winglet yang diadopsi dari teknologi MotoGP layaknya RC213V.

Honda CBR600RRDok. Honda Honda CBR600RR

 

Bukan hiasan, winglet tersebut memiliki peran yang cukup penting, yakni guna menambah efek aerodinamis ketika dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Tembus Setengah Miliar Rupiah, Ini Spesifikasi Honda CBR600RR

Ade Muhajir, Technical Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, winglet pada CBR600RR pada dasarnya memiliki peran yang sama dengan tunggangan rider MotoGP, yakni untuk mendapatkan down force ketika motor berakselerasi.

" Winglet ini untuk anti-wheelie ketika berkendara di kecepatan tinggi. Saat angin melewati winglet, akan membuat down force atau daya tekanan ke bawah yang lebih baik," ucap Ade kepada Kompas.com, di Cikarang, Jawa Barat, beberapa hari lalu.

"Pemasangan winglet pada bodi CBR600RR ini juga satu rangakian. Jadi winglet ini paten, tidak bisa lepas pasang atau plug n play," kata dia.

Menurut Ade, arus angin akan ditekan ke bawah melalui winglet. Dengan demikian bisa meminimalkan ban depan terangkat ketika melakukan akselerasi.

Baca juga: Kupas DNA Balap Honda CBR600RR

All New CBR600RR dengan warna baru telah hadir di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL All New CBR600RR dengan warna baru telah hadir di Indonesia

Kejadian tersebut umumnya sering dialami pebalap ketika keluar dari tikungan dan mulai "membejek" gas. Karena itu, winglet juga berperan untuk memberikan stabilitas lebih, terutama ketika sedang melakukan pengereman dan bermanuver.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X