Menko Airlangga Berharap Relaksasi Pajak Dorong Minat Beli di IIMS

Kompas.com - 18/02/2021, 19:12 WIB
Indonesia International Motor Show (IIMS) Indonesia International Motor Show (IIMS)Indonesia International Motor Show (IIMS)

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) Virtual resmi dibuka. Saat upacara pembukaan, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ikut menyampaikan harapannya.

Airlangga mengatakan, pemerintah terus berupaya untuk mendorong utilisasi dan kinerja industri kendaraan bermotor. Berbagai kebijakan didorong agar konsumsi rumah tangga bisa meningkat kembali.

Baca juga: IIMS Virtual 2021 Resmi Dibuka, Siap Percepat Pemulihan Otomotif

"Tentunya, salah satu yang didorong oleh pemerintah, yaitu yang terkait dengan tarif PPnBM. Di mana PPnBM itu didorong mulai dengan tiga skenario, mulai dari diskon 100 persen dalam tiga bulan. Kemudian, diskon 50 persen dan diskon 25 persen sampai akhir tahun," ujar Airlangga, dalam upacara pembukaan IIMS Virtual, Kamis (18/2/2021).

IIMS Hybrid akan digelar secara online dan offline pada April 2021Dok. IIMS IIMS Hybrid akan digelar secara online dan offline pada April 2021

Airlangga menambahkan, kebijakan tersebut diharapkan bisa mendorong minat beli dari masyarakat.

Sebab, industri otomotif adalah industri padat karya yang juga terdapat 1,5 juta orang yang bekerja secara langsung dan secara tidak langsung sebanyak 4,5 juta orang.

"Tentunya, industri pendukungnya, mulai dari industri komponen, termasuk ban, kaca, baja, elektronik, dan juga tekstil, menyumbang tidak kurang dari Rp 700 triliun dalam PDP di tahun 2019," kata Airlangga.

Insentif PPnBM ini untuk seluruh kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc, baik itu sedan, MPV maupun SUV. Skemanya, PPN ditanggung oleh pemerintah dan ini akan berlaku selama sembilan bulan.

Baca juga: Dyandra Promosindo Optimistis IIMS Hybrid Bergulir April 2021

"Selanjutnya, kita berharap ini bisa diberlakukan 1 Maret 2021 dan akan didukung oleh revisi kebijakan OJK untuk mendorong kredit pembelian kendaraan bermotor, yaitu kelonggaran pengaturan uang muka sebesar DP nol persen dan penurunan aktiva tertimbang menurut resiko yang diharapkan ini bisa mendorong lembaga pembiayaan maupun perbankan, untuk membiayai pembelian otomotif," ujar Airlangga.

IIMS Virtual X Shopee Fase 1 akan digelar 18 - 28 Februari 2021 menggunakan platform digital dengan laman www.indonesianmotorshow.com dan tentu saja dapat dinikmati oleh semua kalangan dan dari wilayah tak terbatas.

Selanjutnya, IIMS Virtual X Shopee Fase 2 akan digelar di bulan Maret 2021. Rangkaian IIMS Virtual Fase 1 dan 2 ini diharapkan akan mencapai puncaknya di IIMS Hybrid bulan April 2021 saat mendapatkan izin berpameran dari pemerintah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X