Melihat Scrambler Klasik, Garelli Tiger Asal Italia

Kompas.com - 18/02/2021, 18:01 WIB
Garelli Tiger Cross Foto: Motocrossactionmag.comGarelli Tiger Cross
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Scrambler mencapai masa keemasan pada medio 70-an. Banyak produsen sepeda motor yang melansir motor scrambler sebagai motor dual purpose.

Salah satunya ialah Garelli Tiger Cross. Scrambler mungil dengan mesin berkapasitas 50cc buatan Garelli, produsen motor asal Italia besutan Adalberto Garelli.

Garelli Tiger Cross meluncur perdana pada awal 70'an dan setop produksi pada 1976. Dapat dilihat bentuknya cukup konvensional dan disebut lebih mementingkan fungsi.

Baca juga: Coba Langsung Bio Smart & Safe Bus PO Sumber Alam

Garelli Tiger CrossFoto: Motocrossactionmag.com Garelli Tiger Cross

Suspensi depan teleskopik, tangkinya langsing dan rata di bagian bawah. Joknya ala single seater dan cukup pendek. Lampu depan bulat dan setang tinggi untuk main tanah.

Sepatbor depan belakang krom anti karat, remnya teromol, suspensi belakang model kembar, dan mesin 50cc mungil yang dikembangkan dari mesin tempel motor bebek.

Mengutip Motocrossactionmag.com, mesin 50cc 2-tak dengan bore x stroke yakni 40 mm x 39 mm. Campuran bensin dan udara disuplai karburator Dell'orto 20 mm.

Baca juga: Tilang Elektronik Bikin Pengguna Kendaraan Tak Patuh Aturan Lalu Lintas?

Garelli Tiger CrossFoto: Motocrossactionmag.com Garelli Tiger Cross

Berbeda dengan motor Jepang saat itu, tuas perpindahan gigi Tiger Cross berada di kanan. Sehingga orang awam perlu membiasakan diri untuk pindah gigi dan juga pengereman kaki.

Garelli

Buat yang asing dengan Garelli merupakan merek motor asal Italia yang cukup tua. Garelli didirikan oleh Adalberto Garelli pada 1919.

Adalberto Garelli awalnya bekerja untuk Fiat untuk mengembangkan mesin 2-tak. Tapi Fiat kurang tertarik dengan mesin 2-tak, dan akhirnya Garelli membangun mereknya sendiri.

Garelli sempat bangkrut pada 1987. Kepemilikannya kemudian beralih, pada 2018 Garelli dihidupkan kembali dan membuat sepeda listrik dan motor listrik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.