Siap Meluncur di Indonesia, Toyota GR Yaris Sudah Bisa Dipesan

Kompas.com - 16/02/2021, 07:02 WIB
Tampilan eksterior Toyota GR Yaris paultan.orgTampilan eksterior Toyota GR Yaris

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia siap meluncurkan hot hatchback (hot hatch) GR Yaris dalam waktu dekat. Sebab, saat ini mobil sudah terdaftar dalam Permendagri No 1 Tahun 2021 dan sudah bisa dipesan.

Dalam dokumen tersebut, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari GR Yaris sudah muncul dengan angka Rp 450 jutaan. Sementara pengenaan harga dasar pengenaan PKB-nya ialah Rp 475,6 juta.

Hanya saja, kendaraan yang lebih dulu hadir di Jepang itu hanya bakal hadir satu varian yaitu 1.6T M/T. Tetapi belum ada informasi mengenai ketersediaan unit pada tahap pertama.

Baca juga: Toyota GR Yaris Siap Meluncur, Harga Dasar Rp 475 Jutaan

Toyota GR Yaris yang diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran tim Gazoo Racing untuk musim balap di ajang World Rally Championship (WRC) 2020, di Tokyo pada Jumat (10/1/2020).Screenshot toyotagazooracing.com Toyota GR Yaris yang diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran tim Gazoo Racing untuk musim balap di ajang World Rally Championship (WRC) 2020, di Tokyo pada Jumat (10/1/2020).

Menariknya, berdasarkan informasi dari beberapa pramuniaga Toyota di Jakarta, GR Yaris sudah bisa dipesan oleh konsumen yang tertarik. Anda hanya perlu mengeluarkan tanda jadi sebesar Rp 5 juta-Rp 10 juta.

"Ketersediaan unit belum ada informasinya, masih belum ada di diler. Tapi kemungkinan peluncuran itu bulan depan dan pengiriman awal di akhir September 2021," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tenaga penjual itu pun memprediksi harga jual mobil tidak akan sampai Rp 1 miliar. Kurang lebih, berada di kisaran Rp 750 juta -i Rp 850 jutaan.

Baca juga: Teknologi Bayar Tol, Angkutan Umum, dan Parkir Otomatis Sudah Diproduksi Lokal

Ilustrasi NJKB GR YarisLampiran Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 Ilustrasi NJKB GR Yaris

Bila melihat harga pasaran di Jepang, hot hatch ini dibanderol Rp 3,3 juta yen sampai 4,56 juta yen, atau setara dengan Rp 440 juta hingga Rp 600 juta.

Bicara dapur pacunya, GR Yaris didukung mesin 1.600 cc turbo G16E-GRS bertenaga 261 ps atau setara 259 tk dan torsi maksimum 360 Nm. Tenaga itu disalurkan ke seluruh roda melalui transmisi manual 6-percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.