Berakhir Malam Ini, Ganjil Genap Kota Bogor Siap Dievaluasi

Kompas.com - 14/02/2021, 12:21 WIB
Ganjil Genap Akhir Pekan di Bogor KOMPAS.com - Aditya MaulanaGanjil Genap Akhir Pekan di Bogor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Kota Bogor menyatakan bahwa kebijakan pembatasan volume kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap sepanjang akhir pekan ini berjalan optimal.

Hal ini dibuktikan oleh berkurangnya titik kemacetan seperti di kawasan jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista), sebagai titik bottleneck atau pertemuan antara dua arus atau lebih.

"Kemudian dalam tiga terakhir angka kasus Covid-19 juga turun, dari 170 kasus menjadi 160 kasus, dan hari ini sekitar 120 kasus. Semoga ini juga efek dari Ganjil Genap," kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan tertulis, Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Mulai Berlaku, Berikut Titik Sekat dan Check Point Ganjil Genap Bogor

Ganjil genap Kota BogorKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ganjil genap Kota Bogor

Oleh karenanya, nanti malam Pemerintah Kota Bogor bersama TNI dan Polri akan segera mengkaji secara intensif apakah penerapan ganjil genap bakal dilanjutkan atau tidak.

"Kebijakan ini akan berakhir pada pukul 20.00 WIB nanti. Kemudian, bakal dilakukan evaluasi untuk keberlanjutannya dari aspek ekonomi, sosial, dan lainnya," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara lalu lintas, efektif. Tapi tujuan utama dari ganjil genap adalah mencegah mobilitas masyarakat untuk mengurangi kerumunan," tambah Susatyo.

Baca juga: Waspada Padat, Arus Balik Libur Imlek Ada Contraflow di Tol Cipali

Sebelumnya, disebutkan bahwa pihak Polres Bogor Kota sudah menindak 350 kendaraan yang hendak masuk Kabupaten Bogor melalui gerbang keluar Tol Sentul Selatan pada Sabtu (13/2/2021).

Itu dikarenakan mereka tidak membawa surat hasil rapid antigen sebagai salah satu persyaratan berpergian. Sehingga, pengendara terkait diputar balik dan dikenakan sanksi sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.