Begini Penampakan Angkot Listrik MAB

Kompas.com - 13/02/2021, 08:41 WIB
Minivan Listrik MAB yang akan dijadikan Angkot KOMPAS.COM/STANLY RAVELMinivan Listrik MAB yang akan dijadikan Angkot

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bus dan sepeda motor listrik, PT Mobil Anak Bangsa (MAB), diam-diam sudah mulai memproduksi mobil listrik berjenis minivan.

Ketika mengkonfirmasi, Direktur MAB Kelik Irwantono mengatakan, mobil tersebut memang sudah ada. Bahkan pernah dipamerkan ke Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta beberapa waktu lalu untuk dijadikan angkutan kota atau angkot.

"Unitnya sudah ada memang, tapi sejauh ini masih prototipe dulu. Jadi peruntukannya nanti itu untuk angkot atau bisa juga sebagai shuttle. Tipenya minivan dan full listrik," ucap Kelik kepada Kompas.com, Kamis (11/2/2021).

Baca juga: MAB Sambut Wacana Regulasi Konversi Mobil dan Bus Listrik

Minivan Listrik MAB yang akan dijadikan AngkotKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Minivan Listrik MAB yang akan dijadikan Angkot

Menurut Kelik, minivan listrik dengan nama MV5-E tersebut saat ini dalam tahap penyempurnaan. Pengerjaannya berada pada kunfigurasi jok penumpang serta beberapa sektor lainnya.

Prosesnya memang sedikit lambat akibat terkendala kondisi pandemi Covid-19. Tapi untuk pengujian jalan versi internal sudah sempat dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk harga, Kelik mengatakan sejauh ini belum ditentukan lantaran menunggu penyempurnaannya selesai lebih dulu. Untuk uji tipe juga baru akan dilakukan pada Maret nanti.

Baca juga: Karoseri Laksana Siapkan Proyek Bus Listrik

"Uji tipe Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kita jadwalkan bulan depan, tapi untuk harga ini jujur saja masih lihat pasar dan semuanya selesai dulu. Pengujian jalan kita lakukan dari tahun lalu sebelum pandemi," ujar Kelik.

Minivan Listrik MAB yang akan dijadikan AngkotMOBIL ANAK BANGSA Minivan Listrik MAB yang akan dijadikan Angkot

Kehadiran mobil listrik MAB yang akan menjadi angkot ini, tentu akan menjadi rival dari minibus listrik keluaran DFSK, yakni Gelora E, yang sampai saat ini juga belum dipasarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.