Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Kompas.com - 10/02/2021, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX 160 dibekali fitur baru traksi kontrol bernama Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini bisa dinonaktifkan sesuai keinginan.

Ade Muhajir, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, untuk mematikan traksi kontrol, caranya dengan menggunakan menu di panel instrumen.

Baca juga: Ulasan Lengkap Tes Honda PCX 160, Beda Jauh dengan PCX 150?

"Tekan tombol set pada bagian kiri di bawah meter cluster sampai keluar tulisan HSTC. Kemudian nonaktifkan dengan tombol set sebelah kanan. Jika tidak aktif, akan timbul tanda T silang," katanya di Cikarang, Senin (8/2/2021).

Panel instrumen Honda PCX 160Foto: AHM Panel instrumen Honda PCX 160

Namun, nanti ketika mesin motor dimatikan dan kemudian dinyalakan maka fitur HSTC akan otomatis aktif kembali. Sebab, kata Ade, hal itu merupakan bagian dari sistem Honda PCX 160.

Baca juga: Musim Hujan, Pemotor Hati-hati Kena Jebakan Lubang Tertutup Air

"Jadi memang setting-nya begitu," katanya.

Ade mengatakan, jika indikator HSTC menyala, artinya kontrol traksinya bekerja. Jadi, jangan kaget jika saat berkendara lambang T menyala karena berarti fiturnya bekerja.

"Ketika fitur traction control tersebut tidak sedang dalam kondisi bekerja maka lambang huruf T-nya akan mati," kata Ade.

Test ride Honda PCX 160Foto: AHM Test ride Honda PCX 160

Selain PCX 160, fitur traksi kontrol juga dipakai di beberapa skutik Honda lain, seperti Honda Forza serta motor-motor berkapasitas besar. 

Ade mengatakan, HSTC adalah sistem pengendali torsi untuk menjaga stabilitas kendaraan. Mekanisme kerjanya ialah mengurangi potensi ban belakang selip saat kondisi jalan licin.

"Cara kerjanya ialah ECM mengontrol volume bakar menjaga agar kecepatan roda belakang tetap dengan roda depan," kata Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com