Saat Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Rest Area Tol

Kompas.com - 10/02/2021, 12:21 WIB
Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021 JASA MARGAIlustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri akan menggelar tes swab antigen secara acak di area peristirahatan alias rest area ruas tol Pulau Jawa selama periode libur Tahun Baru China.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. Sebab, diproyeksikan bahwa akan terjadi lonjakkan arus perpindahan orang dan lalu lintas.

"Kita melakukan pengecekkan hari ini di Terminal Pulo Gebang untuk penumpang kendaraan umum. Mereka harus melaksanakan rapid test atau dengan random cek," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Kenali Perbedaan Sanksi Pengendara Tidak Membawa SIM dan Tak Punya SIM

Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest areaJasa Marga Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area

"Kemudian yang kendaraan pribadi, kami bisa laksanakan tes dengan random," lanjut dia.

Istono mengatakan bahwa langkah ini sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 yang mengatur soal pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembatasan yang berlaku hingga 22 Februari 2021 itu dilaksanakan di beberapa lokasi keberangkatan pemudik jelang Imlek, yaitu Terminal Pulo Gebang dan Stasiun Gambir.

"Beberapa moda transportasi yang kami tinjau tadi kesiapannya sudah maksimal sekali, sudah bagus," ujar dia.

Lagipula, seluruh penumpang Stasiun Gambir harus menunjukkan hasil swab antigen.

Baca juga: Catat, Ini Mekanisme Klaim Kerugian di Jalan Tol Jasa Marga

Tes cepat antigen Covid-19 di perbatasan Banyumas dan Purbalingga, tepatnya di Desa Jompo, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2021) sore.KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Tes cepat antigen Covid-19 di perbatasan Banyumas dan Purbalingga, tepatnya di Desa Jompo, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2021) sore.

Pada kesempatan sama, Istiono memprediksi puncak arus mudik pada libur akhir pekan yang bertepatan dengan Tahun Baru China ini bakal terjadi pada Kamis, 11 Februari 2021 dengan mayoritas tujuan mudik Jawa Tengah dan DIY.

"Kalau kita lihat antrean tiketnya itu nanti puncaknya hari Kamis tujuan Yogya dan Solo," paparnya.

Pihak Korlantas Polri juga disebut sudah siap menjaga arus lalu lintas pada jalur mudik supaya pengendara yang memanfaatkan liburan dapat melakukannya dengan lancar, aman, dan nyaman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X