Cara Setting Traksi Kontrol di Honda PCX 160

Kompas.com - 10/02/2021, 09:22 WIB
Test ride Honda PCX 160 Foto: AHMTest ride Honda PCX 160

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX 160 dibekali fitur baru traksi kontrol bernama Honda Selectable Torque Control ( HSTC). Fitur ini bisa dinonaktifkan sesuai keinginan.

Ade Muhajir, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, untuk mematikan traksi kontrol, caranya dengan menggunakan menu di panel instrumen.

Baca juga: Ulasan Lengkap Tes Honda PCX 160, Beda Jauh dengan PCX 150?

"Tekan tombol set pada bagian kiri di bawah meter cluster sampai keluar tulisan HSTC. Kemudian nonaktifkan dengan tombol set sebelah kanan. Jika tidak aktif, akan timbul tanda T silang," katanya di Cikarang, Senin (8/2/2021).

Panel instrumen Honda PCX 160Foto: AHM Panel instrumen Honda PCX 160

Namun, nanti ketika mesin motor dimatikan dan kemudian dinyalakan maka fitur HSTC akan otomatis aktif kembali. Sebab, kata Ade, hal itu merupakan bagian dari sistem Honda PCX 160.

Baca juga: Musim Hujan, Pemotor Hati-hati Kena Jebakan Lubang Tertutup Air

"Jadi memang setting-nya begitu," katanya.

Ade mengatakan, jika indikator HSTC menyala, artinya kontrol traksinya bekerja. Jadi, jangan kaget jika saat berkendara lambang T menyala karena berarti fiturnya bekerja.

"Ketika fitur traction control tersebut tidak sedang dalam kondisi bekerja maka lambang huruf T-nya akan mati," kata Ade.

Test ride Honda PCX 160Foto: AHM Test ride Honda PCX 160

Selain PCX 160, fitur traksi kontrol juga dipakai di beberapa skutik Honda lain, seperti Honda Forza serta motor-motor berkapasitas besar. 

Ade mengatakan, HSTC adalah sistem pengendali torsi untuk menjaga stabilitas kendaraan. Mekanisme kerjanya ialah mengurangi potensi ban belakang selip saat kondisi jalan licin.

"Cara kerjanya ialah ECM mengontrol volume bakar menjaga agar kecepatan roda belakang tetap dengan roda depan," kata Ade.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X