Kasus Bus Senggol Truk di Tol, Ingat Jalan Raya Milik Bersama

Kompas.com - 09/02/2021, 15:21 WIB
Potongan video bus senggol truk INSTAGRAM/ROMANSASOPIRTRUCKPotongan video bus senggol truk

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi konflik di jalan tol antara bus dan truk. Konflik ini pun direkam dan diunggah oleh akun Romansa Sopir Truck di Instagram.

Pada potongan video tersebut, terlihat sopir bus yang kesal karena tidak diberi jalan untuk menyalip truk. Ketika truk pindah ke lajur kiri, sopir bus melakukan aksi oleng sehingga bodinya menyenggol truk.

Menanggapi kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, jalan raya itu fasilitas bersama yg harus digunakan dgn bijaksana, toleransi dan mengedepankan keselamatan.

Baca juga: Pilihan MPV Murah Bekas Harga di Bawah Rp 100 Juta

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

“Mengemudi itu enggak perlu buru-buru, tidak usah ngebut dan agresif. Selain itu juga enggak perlu jadi yang paling depan, karena jalan raya itu tidak ada garis finishnya dan tidak ada pialanya juga,” ucap Sony kepada Kompas.com Selasa (9/2/2021).

Sony mengatakan, mengacu pada video tersebut, pengemudi truk masuk ke kategori agresif yang tinggal tunggu waktu untuk kecelakaan.

Pengguna jalan lain sebaiknya bersabar untuk berbagi jalan dengan pengemudi seperti ini supaya selamat sampai tujuan.

Baca juga: Susul PCX 160, Honda Forza Pakai Bodi Baru

Kemudian soal aksi sopir bus yang dengan sengaja menyenggol truk juga bukan tindakan yang terpuji. Karena sangat berisiko celaka, baik si bus maupun truk, belum lagi sopir tersebut membawa penumpang di belakangnya.

“Percaya tindakan menyenggol truk dengan sengaja tadi tidak akan memberikan pelajaran apapun buat orang lain. Justru kalau menimbulkan kecelakaan malah akan berat hukumannya,” kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X