Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Lagi Desain Eksterior Carry Minibus Kreasi Karoseri

Kompas.com - 08/02/2021, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada akhir tahun 2020 meluncurkan dua varian terbaru dari Suzuki Carry, yakni Minibus dan Blind Van. Kedua varian ini mengambil basis dari Carry pikap lalu bodinya dibuat oleh karoseri.

Reporter Kompas.com belum lama ini diberi kesempatan untuk melihat dan mencoba secara langsung Suzuki Carry Minibus dan Blind Van. Pada artikel kali ini, kita ulik bagaimana desain eksterior dari Carry Minibus.

Carry Minibus ini merupakan produksi karoseri DSP Styling yang ada di Bpgpr, Jawa Barat. Secara tampilan depan, tidak begitu banyak ubahan yang signifikan dengan model pikap, hanya ada aksen krom di gril dan atap yang lebih tinggi.

Baca juga: Kenapa Harga PCX 160 di Indonesia Bisa Lebih Murah dari Thailand?

Carry MinibusKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Carry Minibus

Aksen krom yang ada di gril serta kelir Silver Carry Minibus ini juga mengingatkan pada Suzuki Carry Luxury yang pernah diluncurkan pada Giicomvec 2020. Cuma Carry Luxury ada tambahan cover spion krom dan dop pelek.

Membahas bagian samping dari Carry Minibus, hal yang paling mencolok adalah adanya pintu sliding untuk penumpang belakang dan tingginya atap. Pintu sliding ini bisa hanya di sisi kiri saja atau kanan dan kiri.

Secara umum, bentuk Carry Minibus dari samping sangat simple dan mengotak. Melihat bentuk dari pintu gesernya, menurut pendapat reporter kurang pas dengan pintu bawaan Carry. Ada perbedaan tinggi antara kedua pintu jika dilihat dari samping.

Baca juga: Bocor Foto Wuling Almaz RS, Siap Meluncur dalam Waktu Dekat?

Carry MinibusKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Carry Minibus

Untuk kaca yang ada di samping sebenarnya tidak bisa dibuka ke bawah, hanya ada jendela geser di kaca belakang sisi samping. Lalu melihat peleknya, masih sama dengan Carry model pikap. Memakai pelek kaleng berukuran 13 inci yang dibalut ban berukuran 165/80 R13.

Kemudian beralih ke bagian belakang, desainnya sangat sederhana, tidak aneh-aneh. Lampu belakang nampaknya mengadopsi dari Toyota HiAce dan ada reflektor berwarna merah yang terletak di bumper belakang.

Suzuki memperkenalkan Carry versi Minibus dan blind van. Kehadiran dua model ini menambah potensi kegunaan Carry sebagai kendaraan niaga. Suzuki memperkenalkan Carry versi Minibus dan blind van. Kehadiran dua model ini menambah potensi kegunaan Carry sebagai kendaraan niaga.

Untuk perbedaan antara Minibus dan Blind Van secara desain eksterior tidak begitu banyak. Menurut pengamatan reporter, perbedaannya hanya ada di gril yang buka krom serta kaca yang diganti dengan plat besi pada varian Blind Van.

Perlu diketahui, setiap pintu pada Carry Minibus dan Blind Van memiliki kunci pintu yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan produksi kendaraan yang dilakukan oleh karoseri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com