Lagi, Aksi Wheelie di Jalan Raya Berakhir Cium Aspal

Kompas.com - 08/02/2021, 08:22 WIB
Aksi wheelie yang dilakukan di jalan raya @jakartawheeliemaniacAksi wheelie yang dilakukan di jalan raya

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir-akhir ini sering terlihat aksi pengendara motor yang coba pamer kemampuan di jalan raya. Kondisi jalan sepi sedikit, mendorong biker muda melakukan aksi wheelie atau kebut-kebutan.

Sepeerti contoh video yang diunggah oleh aku instragram @dashcamindonesia. Dalam aku tersebut, terlihat pengendara motor yang sedang berboncengan melakukan aksi wheelie atau mengangkan ban depan motor selagi melaju di jalan umum.

Baca juga: Tidak Ada Ganjil Genap di Jalur Puncak, tapi Wajib Bawa Hasil Rapid

Pengemudi pun tidak dapat mengendalikan laju kendraannya, hingga mereka jatuh ke aspal. Nahasnya, baik pengemudi maupun penumpang tersebut tidak memakai helm untuk melindungi kepalanya.

Terkait hal ini, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, tindakan akrobatik jika dilakukan tidak di dalam suatu acara atau area terbatas, tentu itu ilegal. Apalagi jika dilakukan di jalan umum yang sedang ramai pengendara motor dan mobil. Sebab, itu membahayakan dirinya dan orang lain.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Sesepi apapun jalan raya, itu tetap saja ruang publik. Idealnya untuk melakukan aksi seperti itu di ruang tertutup, entah di lapangan atau area parkir yang mudah dilakukan sterilisasi,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jusri menambahkan, jika tidak terjadi kecelakaan, tak hanya akan merusak fasilitas umum. Tapi, berpeluang mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya.

“Sebenarnya, ini akal sehat saja. Boleh saja melakukan aksi seperti itu, tetapi harus di tempat-tempat tertentu, bukan di tempat umum seperti jalan raya,” kata Jusri.

Baca juga: Begini Sensasi Performa Kijang Innova di Jalur Perkotaan

Sementara itu, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menyarankan, ketika kita melihat atau berada disekitar pengendara yang melakukan aksi wheelie, sebaiknya kita cuek saja.

“Lebih baik mencari jalan atau lajur yang aman agar tidak terlibat kecelakan. Lalu bisa melaporkan kejadian tersebut kepada polisi yang bertugas di jalan raya, biar mereka yang mengambil tindakan,” ucap Agus.

Agus mengingatkan, tujuan dari berkendara adalah sampai ketujuan, untuk itu sebaiknya tetap cari aman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X