Suzuki Hayabusa Model Baru Meluncur, Lebih Canggih

Kompas.com - 07/02/2021, 09:01 WIB
Suzuki Hayabusa Foto: PaultanSuzuki Hayabusa
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Hayabusa model 2021 resmi diperkenalkan. Hayabusa generasi ketiga ini menjadi senjata andalan baru Suzuki di segmen hyperbike.

Dari luar sekilas mungkin tidak banyak ubahan yang terlihat. Tapi Suzuki menyebut sisi aerodinamika didesain ulang, membuatnya jadi motor jalan raya dengan koefisien drag terbaik.

Baca juga: Cek Daftar Harga Honda PCX 160 dan Rival-rival Sekelasnya

Suzuki Hayabusa Foto: Paultan Suzuki Hayabusa

Dari depan desainnya masih menonjolkan Ram Air Direct (SRAD) diapit oleh DRL LED. Tapi kalau ditelisik desainnya lebih lurus dan lebih tajam dari sebelumnya.

Adapun bagian buritan mengalami ubahan dari model sebelumnya, terutama di lampu belakang. Modelnya lebih futuristik ketimbang yang lama.

Mesinnya 1.340cc 4-silinder segaris. Menghasilkan 187 tk pada 9.700 rpm dan torsi 150 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga disalurkan pakai transmisi manual 6 percepatan.

Mesin baru ini lebih ringan ketimbang generasi sebelumnya. Suzuki membuat piston dan setang piston lebih kuat tapi juga ringan.

Hayabusa 2021 menggunakan IMU 6-axis, tersedia juga fitur dengan cornering ABS Pengereman mengandalkan Brembo kaliper empat piston menjepit cakram berdiameter 320 mm.

Baca juga: Mesin Motor Mati Usai Terjang Banjir, Jangan Langsung Dinyalakan

Suzuki HayabusaFoto: Paultan Suzuki Hayabusa

Motor juga sudah dilengkapi fitur quickshifter, Ride-by-wire, kontrol traksi, anti wheelie, mode pengereman dan suspensi semi-elektronik bernama Suzuki Intelligent Ride Systems (SIRS).

Suzuki Hayabusa 2021 punya tiga varian warna yaitu Glass Sparkle Black & Candy Burnt Gold, Metallic Matte Sword Silver & Candy Daring Red dan Pearl Brilliant White & Metallic Matte Stellar Blue.

Eropa menjadi pasar pertama untuk peluncuran motor baru. Menyusul kemudian Amerika Serikat dan pasar lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X