Kenali 10 Teknik Perbaikan pada Bodi Mobil yang Penyok

Kompas.com - 04/02/2021, 10:42 WIB
Bemper penyok sheengroupBemper penyok

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor dan tidak seimbangannya pembangunan jalan raya, memungkinkan mobil mengalami kerusakan bodi akibat saling tabrak dan saling bersenggolan semakin sering terjadi.

Kondisi tersebut tentu akan menyebabkan kerusakan seperti baret atau penyok pada mobil.

Dikutip dari dikutip dari buku “Pengenalan Bodi Otomotif” karangan Buntarto, Rabu (3/2/2021), setidaknya ada 10 teknik untuk mengobati bodi mobil yang rusak.

Teknik perbaikan bodi kendaraan tersebut tergantung dari kualitas pekerjaan yang diharapkan, peralatan yang dimiliki, jenis kerusakan, dan nilai atau harga dari kendaraan. Lantas apa saja?

Baca juga: Kabur Saat Ada Razia, Pengemudi Bisa Kena Denda Rp 250.000

1. Teknik Vacuum Cup

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teknik vacuum hanya dapat memperbaiki kerusakan plat bodi kendaraan akibat benturan yang menyebabkan mulurnya plat bodi, namun tidak melebihi batas elastisitas.

Jika plat bodi mengalami kerusakan melebihi batas elastisitasnya (misalnya plat bodi mengalami kerusakan membentuk sudut-sudut dan lainnya) kemungkinan perbaikan dengan vacuum cup akan sulit untuk mencapai hasil yang maksimal.

2. Teknik Menarik dengan Batang Penarik dan Palu Sliding

Teknik perbaikan ini memiliki dua cara, yang pertama plat yang rusak dilubangi kemudian ditarik, setelah itu baru lubang pada plat bodi tadi ditutup kembali. Kedua, memasang pengait pada panel yang rusak dengan menggunakan las, setelah selesai dihaluskan kembali.

Ilustrasi mobil tabrakan dengan kondisi cukup parah yang akan diperbaiki. Ilustrasi mobil tabrakan dengan kondisi cukup parah yang akan diperbaiki.

3. Teknik Perbaikan dengan Alat Hidrolik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X