Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supaya Aman Ketika Mengemudi dalam Kondisi Cuaca Buruk

Kompas.com - 01/02/2021, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari ini wilayah Jakarta dan sekitarnya kerap kali diguyur hujan deras. Bagi para pengemudi kendaraan khususnya roda empat, harap berhati-hati. Pasalnya, kondisi jalan juga jarak pandang berbeda pada saat cuaca normal, apalagi jika terjadi pada malam hari.

Harus dipahami terlebih dahulu, berkendara dalam dua kondisi cuaca cerah dan hujan deras, tentu berbeda. Lantas, ketika cuaca buruk seperti itu dihadapi, apa yang harus dilakukan?

Baca juga: Kasus Mobil Sengaja Terjang Genangan Air, Begini Etika Melewatinya

Hal penting pertama, khususnya saat baru saja akan berkendara, pastikan kembangan ban mobil masih cukup baik, sehingga masih bisa mengakomodasi jalan basah.

Setelah memperhatikan kondisi ban, lalu periksa komponen lampu utama, dan sebaiknya bekerja normal.

Tipe kembangan ban mobil jenis basic patter atau dasar. model ini bisa dirotasi dari kiri ke kanan maupun depan ke belakang.PT Gajah Tunggal Tipe kembangan ban mobil jenis basic patter atau dasar. model ini bisa dirotasi dari kiri ke kanan maupun depan ke belakang.

Namun, saat cuaca seketika berganti (dari cerah ke hujan) di tengah perjalanan, ubah saat itu juga karakter berkendara. Lebih berhati-hati dan perhitungkan segala kemungkinan. Posisikan mobil berada di jarak yang lebih jauh (dibanding jarak mobil ketika cuaca cerah) dengan kendaraan di depan.

Kemudian, hindari gerakan tiba-tiba, serta lembutlah dalam mengendalikan kendaraan. Hal yang paling dikhawatirkan pada posisi hujan adalah traksi ban kendaraan tidak sempurna. Lebih parahnya lagi jika terjadi aquaplaning (ban tidak menapak seutuhnya pada jalan atau hilang traksi, yang bisa membuat mobil tergelincir).

Baca juga: Modifikasi Jok Mobil, Perhatikan 7 Hal Ini

Terjadi genangan air sepanjang Jalan Tol Padaleunyi akibat adanya proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (12/8/2020).Dokumentasi Humas Jasa Marga Terjadi genangan air sepanjang Jalan Tol Padaleunyi akibat adanya proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (12/8/2020).

Salah satu cara berkendara terbaik ketika berkendara dalam cuaca buruk, adalahnya dengan memperlambat laju kendaraan dan berhati-hati terhadap setiap pergerakan atau manuver.

“Dalam keadaan hujan deras, jarak pandang terbatas dan kondisi aspal basah, sebaiknya jangan nekat. Jangan pacu mobil terlalu cepat, karena risikonya akan sangat tinggi, bahkan nyawa bisa menjadi taruhannya,” ucap Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada Kompas.com, Minggu (31/1/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com