Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Medium di Indonesia Kenapa Makin Mirip Modelnya dengan Big Bus?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus yang ada di jalanan, tidak hanya berukuran besar saja, melainkan ada yang sedang atau medium bus. Secara dimensi, medium bus memiliki panjang tidak lebih dari 9 meter, lebar maksimal 2,1 meter dan tinggi sekitar 3,2 meter.

Jika dilihat desainnya, bus medium zaman sekarang biasanya mengikuti desain dari big bus. Misalnya saja di Adiputro dan Laksana, desain bus mediumnya mirip dengan big bus, mulai dari penggunaan bando, sampai selendangnya.

Lalu mengapa bisa begitu?

Design Development Karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, berbeda dengan big bus yang mengambil desain dari luar negeri, desain bus medium tidak mengikuti tren dari luar negeri.

“Mungkin dikarenakan perbedaan perbedaan dan fungsinya, maka tidak mengikuti desain bus medium yang ada di luar negeri,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Deddy menjelaskan, referensi bus medium yang ada di luar negeri adalah berjenis Coaster, seperti Mitsubishi Rosa, Toyota Coaster, Nissan Civilian dan lainnya. Namun model Coaster ini tidak begitu diminati di Indonesia.

“Karena informasi genre coaster memang tidak seheboh genre bus-bus besar, apalagi bus medium pada waktu itu dibangun di atas chassis truk yg mungkin cocok dengan kondisi medannya,” kata Deddy.

Oleh karena itu, mengapa saat ini desain bus medium menyerupai kakaknya yang lebih besar dimensinya. Deddy mengatakan, apapun tren di bus besar, bus medium akan mengikutinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/30/172200915/bus-medium-di-indonesia-kenapa-makin-mirip-modelnya-dengan-big-bus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke