Sasar Anak Muda, All New CBR150R Ditargetkan Terjual 350 Unit Per Bulan

Kompas.com - 30/01/2021, 16:42 WIB
All New CBR150R Foto: AHMAll New CBR150R
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Astra Motor Jawa Tengah (Jateng) baru akan meluncurkan produk terbarunya All New Honda CBR150R malam ini.

Meski begitu, dengan menyasar segmen konsumen usia 17 tahun hingga 30 tahun, penjualan motor sport full fairing ini ditargetkan bisa mencapai 350 unit per bulan.

Target ini melebihi dari unit lama selama penjualan di tahun sebelumnya yang hanya berkisar antara 150 unit hingga 200 unit setiap bulannya.

Meski begitu, Astra optimistis dengan berbagai keunggulan dan pembaruan yang ada pada motor sport ini akan mampu menarik minat konsumen di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Membeli Kendaraan Bekas, Perlu Cek Status STNK?

Marketing Manager Astra Motor Jateng Budi Hartanto mengatakan, selama ini motor sport Honda berkontribusi dalam penjualan hanya sebesar 3 persen.

All New CBR150R Foto: AHM All New CBR150R

Dari jumlah tersebut, tipe Honda CBR150R hanya mampu berkontribusi sebesar 0,6 persen hingga 0,7 persen.

“Meski sangat kecil, tetapi kami tetap (bermain) di segmen ini karena ini sebagai pembentukan image,” kata Budi saat rilis secara virtual, Sabtu (30/1/2021).

Budi menambahkan, motor sport berkubikasi 150 cc ini mempunyai segmentasi atau sasaran penjualan tersendiri.

“Untuk segmentasi All New Honda CBR ini adalah laki-laki karena motor sport untuk laki-laki, meski ada perempuan yang mengendarainya. Kemudian usianya 17 tahun hingga 30 tahun,” tuturnya.

Baca juga: Blokir STNK Bisa dari Rumah, Begini Caranya

Selain itu, Budi mengatakan, dengan melihat rentang harga yang lumayan tinggi maka konsumen yang disasar adalah yang memiliki ekonomi menengah ke atas.

All New Honda CBR150RFoto: AHM All New Honda CBR150R

“Kemudian untuk konsumennya yang disasar yang ada di daerah perkotaan, bukan berarti yang ada di pinggiran tidak boleh membeli. Tetapi, kalau untuk daerah yang medannya offroad bukan CBR, tapi CRF,” katanya.

Untuk mencapai target penjualan 350 per bulannya, Budi mengatakan akan melakukan berbagai cara pemasaran.

Baca juga: Begini Cara Mengaktifkan Kembali Masa Berlaku STNK yang Mati

Mulai dari menggandeng komunitas, melalui safety riding hingga melakukan promosi secara virtual atau pun media online yang tengah populer saat ini.

“Motor sport itu kan hobi dan segmented, jadi kami akan menggunakan komunitas untuk strategi pemasarannya. Dengan menggandeng komunitas maka pendekatan akan lebih tepat dan testimoninya juga terarah,” tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X