Belajar dari Kasus Mobil yang Dikendarai Bocah 14 Tahun Tabrak 8 Motor hingga 1 Tewas

Kompas.com - 29/01/2021, 09:47 WIB
Ilustrasi kecelakaan mobil terbalik. SHUTTERSTOCKIlustrasi kecelakaan mobil terbalik.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang menewaskan seorang pengendara sepeda motor terjadi di Jalan Majapahit, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (27/1/2021).

Ironisnya, kecelakaan tersebut dipicu oleh mobil KIA Picanto yang dikemudikan EHS yang diketahui masih berusia 14 tahun.

EHS yang juga belum mahir mengendalikan kendaraan roda empat tidak mampu menjaga laju kendaraannya saat akan berhenti di lampu merah.

Akibatnya, EHS warga Gaden, Trucuk, Klaten yang mengemudikan mobil KIA Picanto bernomor polisi AD 1809 IC menabrak sejumlah kendaraan yang ada di depannya.

Baca juga: Bisa atau Tidak SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Kecelakaan yang melibatkan pelajar atau anak di bawah umur sering kali terjadi, dan mereka tentunya belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.id Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan tidak adanya SIM tentunya bocah belasan tahun itu bisa dikatakan sebagai tidak layak untuk mengendarai kendaraan di jalan raya, mengingat batas usia seseorang bisa memiliki SIM adalah 17 tahun.

Aturan ini sebagaimana diterangkan di dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Dalam pasal 81 ayat (2) dijelaskan bahwa Syarat usia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan paling rendah sebagai berikut, usia 17 tahun untuk SIM A, C dan D.

Sedangkan untuk SIM BI minimal berusia 20 tahun, kemudian usia 21 untuk SIM BII.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa KTP Jadi Syarat Wajib Saat Bayar Pajak Kendaraan

Penentuan batas usia tersebut bukan tanpa alasan, melainkan sudah melalui berbagai pertimbangan termasuk melihat faktor psikologis seseorang saat mengemudikan kendaraan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X