Human Error, Jadi Penyebab Utama Kecelakaan di Jalan Tol

Kompas.com - 26/01/2021, 18:21 WIB
Kecelakaan lalu-lintas itu diketahui terjadi di Jalan Tol Semarang KM 417 Jalur B Kota Semarang pada Sabtu (3/1/2021). KOMPAS.com/istimewaKecelakaan lalu-lintas itu diketahui terjadi di Jalan Tol Semarang KM 417 Jalur B Kota Semarang pada Sabtu (3/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan di jalan tol bisa disebabkan oleh human error atau kesalahan dari manusia. Salah satu kesalahan pengemudi yang kerap terjadi pada pengemudi di jalan tol adalah hilangnya kewaspadaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, hilangnya kewaspadaan saat mengemudi terjadi akibat kurangnya kesadaran akan pentingnya gaya mengemudi yang tidak menyebabkan kecelakaan.

Selain hilangnya kewaspadaan, ada tiga hal lagi yang bisa menyebabkan kecelakaan yaitu Alertness, Attitude dan Anticipation.

Empat hal ini bisa menjadi penyumbang terjadinya kecelakaan di jalan tol.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengemudi Truk yang Berbahaya, Gigi Netral di Turunan

Kecelakaan terjadi di Jalan Tol Batang-Semarang, Minggu (3/3/2019) menewaskan satu orang dan dua lainnya luka-lukaDok. PT Jasamarga Semarang Batang (PT JSB) Kecelakaan terjadi di Jalan Tol Batang-Semarang, Minggu (3/3/2019) menewaskan satu orang dan dua lainnya luka-luka

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alertness artinya kewaspadaan pengemudi harus selalu terjaga. Attitude adalah perilaku positif dalam mengemudi yang mampu menghindari potensi bahaya dan antisipasi yaitu mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengemudi untuk menghindari kecelakaan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Sony mencontohkan, ada human error yang terjadi akibat dari rasa percaya diri yang tinggi saat mengemudi. Pengemudi seperti itu memang kewaspadaannya tinggi, tapi bisa gagal karena mengabaikan prinsip keselamatan lainnya.

Baca juga: Pelek Peang Akibat Hantam Lubang di Jalan Tol, Bisa Minta Ganti Rugi?

Mengemudi itu harus terukur, kewaspadaan tidak boleh turun atau malah terlalu percaya diri. Over PD ini yang akan membuat pengemudi mengabaikan kewaspadaan,” kata Sony.

Jalan tol yang kosong memang membuat cara mengemudi lebih monoton. Bahaya dari situasi yang monotn tadi adalah pengemudi terlalu merasa aman sehingga kewaspadaannya menurun, ini lah yang bisa jadi bahaya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X