Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Pengendara Motor Lewat Bawah Konstruksi Flyover

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor di perkotaan memang banyak tantangannya. Pembangunan infrastruktur seperti flyover juga banyak dilakukan demi kelancaran jalan di masa depan.

Pengerjaan flyover pun kadang dilakukan ketika kondisi jalan di bawahnya sedang ramai. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pengendara motor saat melewati kolong konstruksi flyover baik yang sudah beres atau masih pengerjaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, mengendarai motor di bawah flyover ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, seperti jalan yang agak gelap, dan pandangan yang terbatas karena konstruksi tersebut.

“Tips pertama bagi pengendara motor, pandangan harus selalu lihat jauh ke depan. Sehingga pandangan kita jadi lebih luas dan lebih cepat dalam mengantisipasi potensi bahaya yang ada,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Kedua, yaitu jaga jarak aman dan kecepatan saat berkendara. Selanjutnya yaitu selalu waspada terhadap benda-benda yang kira-kira dapat terjatuh.

Terakhir, ambillah sisi jalan paling aman saat berkendara dan usahakan tidak berjalan di bawah konstruksi flyover yang masih tahap pengerjaan.

“Dengan pandangan yang jauh ke depan, pengendara tidak perlu harus melulu cek ke atas. Karena pengendara sudah bisa memprediksi sebelum melewati jalan tersebut,” kata Agus.

Kemudian, jika ada jalan alternatif lain yang tidak melewati konstruksi flyover yang masih proses pengerjaan, pilih jalan tersebut. Tetapi, kalau tidak ada jalan lain, harus waspada terhadap bahaya yang ada di depan pengendara.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/22/100200015/cara-aman-pengendara-motor-lewat-bawah-konstruksi-flyover

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke