Aksesori yang Paling Lazim Ada pada Bodi Bus Zaman Now

Kompas.com - 19/01/2021, 09:02 WIB
Bus AKAP Instagram/newarmada.officialBus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Tampilan bus yang ada di Indonesia saat ini memang beragam. Setiap karoseri juga memiliki model andalannya dengan tampilan yang menarik. Namun, ada bagian bodi yang lazim menggunakan aksesori ini, yaitu bagian selendang.

Selendang ini terletak di bagian samping bus. Biasanya ada di sebelah pintu depan dan memanjang sampai ke bagian belakang. Desain selendang ini juga yang biasanya menjadi ciri khas dari karoseri mana bus ini dibuat.

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, selendang memiliki peranan penting pada desain dari sebuah bus di Indonesia. Berbeda dari bus di Eropa dan negara maju, model selendang tidak begitu penting.

Baca juga: Mobil Dinas Jokowi Terabas Banjir di Kalimantan Selatan

Bus AKAP PO Gunung HartaGunung Harta Bus AKAP PO Gunung Harta

“Saya perhatikan, di negara maju yang penting adalah desain bus yang utuh. Bentuk dasar yang memang sudah dirancang indah secara sederhana,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Sedangkan kalau di negara berkembang, Indonesia misalnya, cenderung aksesori yang diperhatikan. Aksesori ini misalnya selendang, desainnya sangat diperhatikan karena untuk mengejar eksistensi atau sebagai pembeda dengan karoseri lain.

“Selendang ini dianggap sebagai elemen make up yang efektif dan dapat dengan cepat diwujudkan sebagai pembeda dengan yang lain,” kata Deddy.

Baca juga: Kenaikan Tarif Tol, Pengusaha Truk Minta Mobil Pribadi Jadi Golongan V

Deddy mengatakan, hal ini memang terbukti, dengan mengolah selendang dengan sedemikian rupa, mampu mengubah karakter bus dengan optimum. Contohnya seperti model selendang di bodi Skylander buatan karoseri New Armada.

“Selendang samping idenya diambil dari ujung logo jangkar yang ditransformasikan menjadi selendang di bodi Skylander,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X