Honda Sebut Konversi Jadi Alternatif Punya Motor Listrik

Kompas.com - 14/01/2021, 18:51 WIB
Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros Garage Instagram @katrosgarageKonversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros Garage
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengeluarkan aturan mengenai konversi motor bensin menjadi listrik. Aturan ini diharapkan mempercepat tren motor listrik.

Selain itu motor yang sudah dikonversi harus menjalani uji kelayakan lagi alias uji tipe. Tujuannya agar motor hasil konversi punya kualitas yang seragam.

Baca juga: Tesla Persiapkan Mobil Listrik Rp 300 Jutaan

Vespa ListrikKOMPAS.com/Gilang Vespa Listrik

Di satu sisi, aturan mengenai konversi ini diharapkan dapat memacu tren pemakaian motor listrik. Tapi di lain pihak ditengarai dapat menganggu penjualan motor baru.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, adanya aturan ini justru menjadi alternatif pilihan bagi konsumen untuk memiliki motor listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dari kami itu tidak merasa itu seperti sebuah sebuah gangguan. Adanya modifikasi akan menjadi alternatif pilihan bagi konsumen yang ingin menjadikan motor listrik," kata Thomas saat peluncuran CBR150R, Selasa (12/1/2021)

Baca juga: Tesla Persiapkan Mobil Listrik Rp 300 Jutaan

Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros GarageInstagram @katrosgarage Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros Garage

Meski demikian Honda tidak menangkal ada kemungkinan tren konversi ini bisa membesar, terutama di segmen skutik kelas entry level yang saat ini dihuni oleh Honda Beat.

Hanya saja tetap ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Terutama kehadiran bengkel konversi yang merupakan alternatif "produsen" motor listrik.

"Seberapa jauh modifikasi motor ini secara fungsionalitas, utilisasinya, itu sesuai harapan konsumen. Selain itu tentunya dengan keselamatan dan keamanannya," katanya.

"Bagaimana infrastruktur yang harus disediakan, yang harus sesuai atau cocok dengan motor listrik walaupun itu motor konversi," kata Thomas.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.