Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Milenial Lebih Senang Jalan-jalan daripada Beli Mobil

Kompas.com - 14/01/2021, 12:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara tren, konsumen mobil bekas terjadi pergeseran dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti yang diamati oleh Mobil88, satu hingga dua tahun ke belakang, dari kalangan milenial atau anak zaman now masih tertarik membeli mobil bekas, tetapi sekarang situasi sudah beralih.

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, saat ini konsumen tersebut cenderung lebih memilih berlibur ke luar negeri daripada membeli mobil bekas.

Baca juga: Tips Mencuci Pelek Mobil, Cukup Sediakan Air Bersih

“Dulu, punya uang Rp 20 juta dijadikan uang muka mobil bekas, sekarang dipakai buat beli tiket pesawat jalan-jalan ke luar negeri,” ucap Fischer, belum lama ini kepada Kompas.com.

Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.

Konsumen mobil bekas di Mobil88 sendiri, lanjut Fischer didominasi yang beli kredit ketimbang tunai, otomatis banyak yang memanfaatkan juga program uang muka atau cicilan ringan.

Kaum milenial pun ikut berkontribusi, tetapi sekarang secara presentase mungkin cukup signifikan.

Baca juga: Rakit Sasis dan Bodi Bus di Karoseri Makan Waktu sampai 3 Bulan.    

“Kalau sekarang bukan milenial lagi, lebih kepada keluarga muda atau di atasnya lagi yang memang membutuhkan mobil untuk beraktivitas,” kata Fischer

Harga mobil yang laris dalam beberapa tahun terakhir, kata Fischer berada di rentang harga Rp 80 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Model populer seperti mobil keluarga MPV, dan mobil kota (city car), hingga hatchback.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com