Hyundai Bocorkan Mobil Listrik Ioniq 5, Meluncur Februari 2021

Kompas.com - 14/01/2021, 08:22 WIB
Ilustrasi Hyundai Ioniq 5 AUTOCAR.co.ukIlustrasi Hyundai Ioniq 5

JAKARTA, KOMPAS.comHyundai kembali meramaikan pasar mobil listrik dengan meluncurkan Ioniq 5. Mobil listrik yang dikembangkan dari Concept 45 ini rencananya akan dikenalkan secara resmi pada Februari 2021.

Dilansir dari Autocar, Kepala Desainer Hyundai Global SangYup Lee mengatakan, Ioniq 5 bakal menjadi standar mobil listrik terbaru.

Menurutnya, konsumen bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang berbeda berkat penggunaan platform BEV khusus.

Baca juga: Kabar Fortuner Hybrid Meluncur 2022, Diproduksi Toyota Indonesia?

Ilustrasi Hyundai Ioniq 5AUTOCAR.co.uk Ilustrasi Hyundai Ioniq 5

Hasilnya, Hyundai mengklaim Ioniq 5 hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk mengisi ulang baterai untuk menempuh jarak 62 mil atau sekitar 100 km.

Mobil ini juga menawarkan teknologi Vehicle to Load (V2L), yang memungkinkan mobil dijadikan sumber energi listrik untuk kebutuhan lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan catu daya 3,5 kW dan 110 / 220v melalui pengisian dua arah, Hyundai mengklaim daya listrik ini sanggup dipakai untuk penggunaan rumah tangga, seperti memasak dengan oven besar.

Baca juga: Pabrik Nissan Tutup, Bagaimana Nasib Livina Selanjutnya?

Ilustrasi Hyundai Ioniq 5AUTOCAR.co.uk Ilustrasi Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 menjadi mobil produksi pertama yang dibangun di atas platform listrik modular baru (E-GMP) Hyundai dan Kia.

Mobil ini sekaligus menjadi yang pertama dari tiga EV yang akan mengusung nama Ioniq dalam empat tahun ke depan.

Berbeda dari sebelumnya, Hyundai tampaknya akan menggunakan strategi penamaan numerik yang mirip dengan jajaran ID Volkswagen.

Baca juga: Dipasang APAR, Harga Kijang Innova Naik Rp 2 Jutaan

Mobil listrik Hyundai ke depannya bakal memakai nama sub-brand Ioniq.AUTOCAR.co.uk Mobil listrik Hyundai ke depannya bakal memakai nama sub-brand Ioniq.

Ioniq dengan nomor ganjil akan digunakan untuk kendaraan jenis SUV, sementara Ioniq genap untuk sedan dan model lainnya.

Usai Ioniq 5 yang meluncur tahun ini, rencananya pada 2022 akan hadir sedan sport Ioniq 6. Adapun untuk SUV besar Ioniq 7 diprediksi meluncur 2024.

Meski begitu, Hyundai belum membocorkan seperti apa wujud dari calon mobil-mobil baru ini. Namun yang jelas, semua model bakal memiliki desain yang khas dan berbeda.

Baca juga: Siapkan Dana Rp 4 Miliar jika Ingin Punya Bus Double Decker

Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona EV tengah diisi ulang dayanya.UNPLASH.com Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona EV tengah diisi ulang dayanya.

Masing-masing model ini juga disebut akan mengusung Electric Global Modular Platform, yang mampu mengisi daya dengan cepat dan menempuh jarak jauh.

Dengan jarak sumbu roda yang panjang dengan lantai datar, setiap model juga memiliki interior cerdas, yang menurut Hyundai menyerupai ruang keluarga.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.