Pabrik Nissan Tutup, Bagaimana Nasib Livina Selanjutnya?

Kompas.com - 13/01/2021, 16:02 WIB
Nissan Livina yang meluncur Februari 2019 saat melewati jalur trans Kalimantan KOMPAS.com/DioNissan Livina yang meluncur Februari 2019 saat melewati jalur trans Kalimantan
|

JAKARTA, KOMPAS.comPabrik Nissan yang berlokasi di kawasan industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, telah ditutup pada tahun lalu. Cara ini menjadi salah satu langkah perusahaan untuk merampingkan operasi yang kurang menguntungkan.

Selain di Indonesia, Nissan juga melakukan penutupan pabrik di sejumlah negara. Seperti di Barcelona, Spanyol.

Dengan ditutupnya fasilitas di Tanah Air, Nissan akan mengandalkan pabrik di Thailand sebagai basis produksi satu-satunya di Asia Tenggara.

Baca juga: Harga Brio Sudah Tembus Rp 200 Juta, Ini Alasan Honda

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta

Untuk diketahui, pabrik di Purwakarta sebelumnya memproduksi mobil-mobil Datsun dan beberapa model Nissan, termasuk Livina. Lantas dengan penutupan tersebut, bagaimana dengan produksi dan ketersediaan Livina ke depannya?

Evensius Go, Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), mengatakan, penjualan Low MPV kembaran Mitsubishi Xpander itu masih dilakukan hingga kini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, perusahaan juga terus menjamin layanan purnajual dan fokus melayani konsumen di Indonesia.

Baca juga: Permintaan India Membludak, Bagaimana Pengiriman Magnite di Indonesia?

Interior Nissan Livina terbaruKompas.com Interior Nissan Livina terbaru

“Penjualan Nissan All New Livina akan tetap berjalan, karena fasilitas produksinya join-an. Jadi, penjualannya masih tetap ada di diler kami,” ucap Evensius, dalam konferensi virtual (12/1/2021).

“Jaringan sudah cover hampir seluruh kota besar di Indonesia. Kami memang akan terus meningkatkan layanan purnajual ke konsumen, dengan tim dan jaringan yang ada. Ini menjadi fokus utama dan kami akan terus pertahankan,” katanya.

Diskon

Bicara soal Livina, produk ini memang jadi salah satu andalan di segmen Low MPV. Mobil ini tersedia dalam 5 varian, dan dihargai mulai Rp 208,3 juta sampai Rp 272,1 juta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X