Bukan Sekedar Tampilan, Ini Fungsi Lain Cat Mobil

Kompas.com - 12/01/2021, 19:09 WIB
Jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Hyundai Cabang Simprug, Jakarta Selatan. Hyundai Mobil Indonesia.Jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Hyundai Cabang Simprug, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat pada bodi mobil, menjadi daya tarik sendiri bagi para konsumen. Bahkan tidak jarang masyarakat akhirnya memutuskan membeli salah satu produk, karena mempertimbangkan warna.

Sebenarnya cat yang dibalutkan pada tubuh kendaraan yang telah diberi warna memiliki beberapa fungsi.

Baca juga: Pakai Upside Down, Harga All New Honda CBR150R Cuma Naik Rp 600 Ribu

Pertama, bertujuan sebagai hiasan (dekoratif), di mana membuat mobil menjadi lebih indah, sehingga memiliki nilai seni dan daya tarik lebih tinggi dibanding sebelum di cat.

Kedua, punya fungsi pelindung, khusunya bagian permukaan yang di cat berbahan logam. Perlindungan ini untuk menghambat terjadinya korosi, akibat pengaruh cuaca atau lingkaran sekitar. Sehingga bisa memperpanjang usia material tersebut.

Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.Donny Apriliananda/Kompas.com Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.

“Selain untuk mempercantik tampilan, cat juga dibuat melindungi panel mobil dari oksidasi ataupun pengaruh dari lingkungan, misal panas, karat dan lainnya,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nissan Magnite Mulai Dikirim Maret 2021

Ketiga memiliki fungsi khusus, yaitu digunakan untuk pemantulan cahaya isolasi, penghantar listrik, peredam suara dan lainnya.

Pengecatan pada bodi kendaraan, yang bahan pelapisnya diberi warna biasanya merupakan pekerjaan pada tahap akhir atau istilahnya finishing.

“Setelah panel mobil dilapisi primer (anti karat), baru kemudian dilapisi oleh surfacer, cat dasar (base coat) lalu clear coat,” kata Didi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X