Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Sekedar Tampilan, Ini Fungsi Lain Cat Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat pada bodi mobil, menjadi daya tarik sendiri bagi para konsumen. Bahkan tidak jarang masyarakat akhirnya memutuskan membeli salah satu produk, karena mempertimbangkan warna.

Sebenarnya cat yang dibalutkan pada tubuh kendaraan yang telah diberi warna memiliki beberapa fungsi.

Pertama, bertujuan sebagai hiasan (dekoratif), di mana membuat mobil menjadi lebih indah, sehingga memiliki nilai seni dan daya tarik lebih tinggi dibanding sebelum di cat.

Kedua, punya fungsi pelindung, khusunya bagian permukaan yang di cat berbahan logam. Perlindungan ini untuk menghambat terjadinya korosi, akibat pengaruh cuaca atau lingkaran sekitar. Sehingga bisa memperpanjang usia material tersebut.

“Selain untuk mempercantik tampilan, cat juga dibuat melindungi panel mobil dari oksidasi ataupun pengaruh dari lingkungan, misal panas, karat dan lainnya,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ketiga memiliki fungsi khusus, yaitu digunakan untuk pemantulan cahaya isolasi, penghantar listrik, peredam suara dan lainnya.

Pengecatan pada bodi kendaraan, yang bahan pelapisnya diberi warna biasanya merupakan pekerjaan pada tahap akhir atau istilahnya finishing.

“Setelah panel mobil dilapisi primer (anti karat), baru kemudian dilapisi oleh surfacer, cat dasar (base coat) lalu clear coat,” kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/12/190951915/bukan-sekedar-tampilan-ini-fungsi-lain-cat-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke