Mengenal Fungsi Saringan Udara Sepeda Motor dan Perawatannya

Kompas.com - 11/01/2021, 14:41 WIB
Filter udara pada sepeda motor IstimewaFilter udara pada sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor, baik yang masih menggunakan karburator atau sudah berteknologi injeksi, umumnya menggunakan saringan udara atau air filter. Komponen ini termasuk penting, karena berhubungan dengan performa mesin.

Saringan udara berfungsi untuk menyaring udara agar kotoran atau debu tidak masuk ke mesin atau ruang bakar. Sebab, mesin juga membutuhkan udara dalam proses pembakaran.

Baca juga: Kenali Peran Penting Filter Udara pada Mobil

Ade Rohman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, saringan udara memiliki peranan yang sangat penting di dalam sebuah bagian sepeda motor.

Jika komponen yang satu ini tidak dirawat secara berkala, maka dapat timbul kerusakan.

Filter udara pada sepeda motor matikStanly/Otomania Filter udara pada sepeda motor matik

Contohnya, jika saringan udara kotor, maka udara yang masuk ke mesin menjadi lebih sedikit. Sehingga, menyebabkan performa mesin menjadi tidak optimal.

“Perbandingan udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi tidak ideal, sehingga bahan bakar pada sepeda motor akan terasa boros,” kata Ade, dalam keterangan resminya.

Ade menambahkan, perbandingan udara dan bahan bakar yang tidak ideal bisa menyebabkan pembakaran jadi tidak sempurna.

Tak hanya itu, endapan karbon juga bisa terjadi di dalam ruang bakar. Jika endapan karbon sampai menumpuk, bukan tak mungkin terjadi knocking atau mesin mengelitik.

Baca juga: Ini Risikonya jika Mobil Pakai Filter Udara Imitasi

“Tentunya ini akan menyebabkan performa mesin berkurang dan mesin cepat rusak pembakaran tidak sempurna bisa mempercepat kerusakan pada busi dan beberapa komponen lainnya,” ujar Ade.

Agar performa mesin tetap terjaga, maka saringan udara harus tetap dirawat dan dijaga kebersihannya. Beberapa saringan udara ada yang bisa dibersihkan, tapi ada juga yang tidak bisa sehingga harus diganti dengan yang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X