Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fungsi Saringan Udara Sepeda Motor dan Perawatannya

Kompas.com - 11/01/2021, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor, baik yang masih menggunakan karburator atau sudah berteknologi injeksi, umumnya menggunakan saringan udara atau air filter. Komponen ini termasuk penting, karena berhubungan dengan performa mesin.

Saringan udara berfungsi untuk menyaring udara agar kotoran atau debu tidak masuk ke mesin atau ruang bakar. Sebab, mesin juga membutuhkan udara dalam proses pembakaran.

Baca juga: Kenali Peran Penting Filter Udara pada Mobil

Ade Rohman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, saringan udara memiliki peranan yang sangat penting di dalam sebuah bagian sepeda motor.

Jika komponen yang satu ini tidak dirawat secara berkala, maka dapat timbul kerusakan.

Filter udara pada sepeda motor matikStanly/Otomania Filter udara pada sepeda motor matik

Contohnya, jika saringan udara kotor, maka udara yang masuk ke mesin menjadi lebih sedikit. Sehingga, menyebabkan performa mesin menjadi tidak optimal.

“Perbandingan udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi tidak ideal, sehingga bahan bakar pada sepeda motor akan terasa boros,” kata Ade, dalam keterangan resminya.

Ade menambahkan, perbandingan udara dan bahan bakar yang tidak ideal bisa menyebabkan pembakaran jadi tidak sempurna.

Tak hanya itu, endapan karbon juga bisa terjadi di dalam ruang bakar. Jika endapan karbon sampai menumpuk, bukan tak mungkin terjadi knocking atau mesin mengelitik.

Baca juga: Ini Risikonya jika Mobil Pakai Filter Udara Imitasi

“Tentunya ini akan menyebabkan performa mesin berkurang dan mesin cepat rusak pembakaran tidak sempurna bisa mempercepat kerusakan pada busi dan beberapa komponen lainnya,” ujar Ade.

Agar performa mesin tetap terjaga, maka saringan udara harus tetap dirawat dan dijaga kebersihannya. Beberapa saringan udara ada yang bisa dibersihkan, tapi ada juga yang tidak bisa sehingga harus diganti dengan yang baru.

Dilihat dari bahan utama atau materialnya, filter udara terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Urithane Foam (busa), Dry Paper (bahan sejenis kertas, daya saring lebih bersih dibandingkan dengan jenis Urethane Foam), dan Viscous Paper (bahan sejenis kertas yang dilapisi oli).

Filter udara pada sepeda motorIstimewa Filter udara pada sepeda motor

"Untuk tipe jenis Urithane Foam dan Dry Paper, kedua jenis ini dapat digunakan kembali setelah dibersihkan dan jadwal perawatan berkalanya mengikuti jadwal perawatan rutin, yaitu sekitar 4.000 kilometer," kata Ade.

Sementara untuk Viscous Paper, jenis ini mempunyai daya saring yang paling baik. Tapi, kekurangannya adalah tidak dapat dibersihkan. Jadi, jika sudah kotor, harus diganti dengan yang baru secara berkala, yaitu setiap penggunaan 16.000 km, berlaku kelipatan.

"Namun, yang harus pengguna tahu serta pahami adalah bahwa setiap filter udara mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan bahan dasarnya. Oleh karena itu, perawatannya pun berbeda-beda sesuai dengan jenisnya masing masing," ujar Ade.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri untuk merawat saringan udara tipe Urithane Foam dan Dry Paper.

Filter udara motor kotormazped.com Filter udara motor kotor

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com