Masih Mahal, Kijang Buaya Dijual Seharga Rp 60 Juta

Kompas.com - 11/01/2021, 11:39 WIB
Toyota Kijang Buaya tahun 1980 instagram.com/andrya2motorToyota Kijang Buaya tahun 1980

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota kijang memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1977, Toyota Kijang meluncurkan generasi pertamanya yakni KF10 atau yang sering disebut dengan Kijang Buaya.

Toyota Kijang sudah bertransformasi dari kendaraan niaga menjadi kendaraan MPV. Selama lebih dari empat dekade, setidaknya produk ini sudah memiliki 6 generasi yang berbeda.

Terakhir, generasi keenam yang kita kenal dengan Toyota Kijang Innova Reborn masih diproduksi hingga saat ini.

Baca juga: Selain Skuter, NIU Juga Punya Motor Listrik Model Sport

Memiliki sejarah yang panjang, tentu beberapa orang memiliki kenangan manis bersama Toyota Kijang. Bahkan ada yang berani membeli mobil lawasnya dengan harga mahal haya untuk sekedar bernostalgia.

Seperti Toyota Kijang generasi pertama atau Kijang buaya, sampai saat ini mobil tersebut masih diburu oleh pecinta otomotif.

Generasi pertama Toyota Kijang Buaya.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi pertama Toyota Kijang Buaya.

Salah satu penjual mobil bekas Jakarta Timur Muadz Fathoni mengatakan, Toyota Kijang Buaya masih dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni Rp 60 juta.

“Kemarin sempat datang Toyota Kijang KF10 tahun 1980, kondisinya masih bagus dan orisinil semua. Hanya kita ganti kaki-kaki saja. Kita lepas dengan harga Rp 60 juta,” ujar Muadz Fathoni saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/1/2021).

Baca juga: Ini Syarat Bepergian Naik Mobil Pribadi Selama PSBB Jawa-Bali

Hal serupa juga diungkap oleh Andry Kurniawan pemilik A2 Motor. Ia mengaku mobil tersebut masih banyak peminatnya. Hanya dalam waktu tiga minggu, mobil Toyota Kijang Buaya tahun 1981 yang ada di showroom-nya sudah laku dijual.

“Mobil itu sebetulnya sambil saya pakai, karena sayang jualnya. Banyak yang masih minat. Terakhir saya lepas dengan harga Rp 42 juta dengan kondisi masih orisinil, kecuali untuk catnya,” kata Andry saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Muadz dan Andry, meski terhitung mobil lawas, Kijang buaya memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat. Biasanya mereka yang membeli memang karena hobi atau sebagai kolektor item.

“Karena kalau memang tujuannya buat usaha, dengan dana Rp 42 juta mereka sudah bisa dapat Daihatsu Gran Max pikap tahun 2008,” kata Andry.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X