Berkendara Motor Jangan Baper kalau Mau Aman dan Selamat

Kompas.com - 09/01/2021, 08:22 WIB
Berkendara motor matik Stanly/OtomaniaBerkendara motor matik

JAKARTA, KOMPAS.comMengendarai sepeda motor di jalan raya memang penuh tantangan. Jika kita merasa sudah menaati aturan, ada saja pengguna jalan lainnya yang semena-mena.

Misalnya ketika kita ingin belok ke kiri dan sudah menyalakan lampu sein, masih ada saja pengendara di sisi kiri kita yang ingin lurus, tetapi tidak ingin mengalah. Bertemu dengan pengendara seperti itu tentu saja sangat membuat jengkel.

Merasa jengkel saat di jalan memang wajar jika diperlakukan seperti tadi. Namun, rasa jengkel tersebut jangan sampai berlarut-larut bahkan sampai emosi karena bisa berpengaruh pada konsentrasi saat berkendara.

Baca juga: Kia Siapkan MPV Murah Penantang Avanza dan Xpander

Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutikFoto: Wahana/Istimewa Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tujuan dalam berkendara adalah mencari aman. Saat mencari aman tadi, ada etika, kesabaran, dan kontrol emosi agar benar-benar selamat sampai tujuan.

“Karena ketika kita emosi, maka biasanya akan terbawa dalam pikiran kita saat masih terus berkendara. Kondisi ini yang membuat kita kurang konsentrasi atau tidak fokus saat berkendara,” ucap Agus kepada Kompas.com, Jumat (8/1/2021).

Agus mengatakan, emosi tadi sangat berpengaruh dengan cara berkendara. Saat emosi, pengendara motor cenderung tidak konsentrasi dan mudah lepas kontrol jika tidak tenang dalam berkendara.

Baca juga: Honda PCX 160 Meluncur Duluan di Thailand, Pakai Pelek Belang

“Sebaiknya tetap tenang dan mengalah. Karena itu akan membuat kita menjadi lebih santai dan berhati-hati lagi dalam berkendara,” kata Agus.

Cara mengontrol emosi di jalan seperti tidak diambil hati atau baper saat ada pengendara yang nyeleneh. Sebab, percuma juga jika emosi di jalan, bisa berakibat konflik yang kalaupun menang juga sia-sia, merugikan diri sendiri dan orang lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X