Tempuh 283 Km, Seberapa Irit Kia Sonet Diajak ke Luar Kota

Kompas.com - 08/01/2021, 10:02 WIB
Test Drive Kia Sonet Premiere iVT KOMPAS.COM/STANLY RAVELTest Drive Kia Sonet Premiere iVT
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Janji redaksi untuk merasakan sensasi berkendara Kia Sonet, sekaligus menakar konsumsi bahan bakarnya saat digunakan ke luar kota, akhirnya lunas.

Beberapa waktu lalu, redaksi berkesempatan berpetualang singkat membawa SUV compact produksi India ini menuju kawasan Lembang, Jawa Barat.

Selain untuk menguji performa, sesi tes drive kia sonet kali ini juga digunakan untuk mengetahui seberapa irit mesin 1.500 cc Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT yang digunakan Kia untuk Sonet di Indonesia.

Dari segi performa, meski tanpa turbo, Kia memberikan bukti bila tenaga yang dikeluarkan Sonet ketika menempuh perjalanan jauh tidak begitu mengecewakan. Putaran bawah dan atasnya, terbilang masih terisi.

Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnyaKompas.com / Setyo Adi Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya

Baca juga: Impresi Futuristik Kabin Kia Sonet

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memulai perjalanan dari Jakarta di pagi hari, redaksi yang berjumlah dua orang langsung tancap gas menelusuri Tol Jakarta-Cikampek dan masuk ke ruas Purbaleunyi.

Gaya berkandara selama perjalanan cukup normal, meski sesekali harus menekan pedal gas lebih dalam ketika ingin menyalip beberapa truk.

Test Drive Kia Sonet Premiere iVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Kia Sonet Premiere iVT

Walau ada pilihan mode berkendara Eco, namun redaksi memutuskan untuk menggunakan mode Normal yang sesuai dengan pola berkendara harian.

Rute yang kami ambil juga tidak semuanya menggunakan jalan tol, namun keluar ke jalur biasa melintasi rute lawas via Purwakarta. Begitu juga saat balik ke Jakarta.

Kondisi tersebut kami lakukan dengan pertimbangan agar bisa lebih merasakan karakter Sonet saat melintas ke luar kota melintasi jalan arteri.

Hasilnya memang tidak ada masalah, bahkan dengan dimensinya yang ringkas, Sonet cukup asik diajak bermanuver pada dimensi jalan yang tidak terlalu lebar.

Baca juga: Plus Minus Geber Kia Sonet di Medan Berliku

Test Drive Kia Sonet Premiere iVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Kia Sonet Premiere iVT

Dari perjalan kurang lebih enam sampai tujuh jam hingga kembali lagi ke Jakarta, total jarak tempuh berdasarkan MID menujukkan sejauh 283,7 km.

Sementara untuk konsumsi bahan bakar yang kami dapatkan mencapai 16,4 kpl. Artinya, 1 liter bensin yang bisa mengantarkan Sonet berjalan kurang lebih 16 km.

Bahkan saat perjalanan awal di tol, redaksi sempat mendapat angka BBM hingga 17,3 kpl dengan berkendara konstan menggunakan fitur cruise control pada kecepatan 70-80 kpj.

Baca juga: Ulik Desain Agresif SUV Murah Korea, Kia Sonet

Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnyaKompas.com / Setyo Adi Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya

Dari hal ini, bisa disimpulkan  konsumsi BBM Sonet masih terbilang cukup baik. Namun perlu digarisbawahi, hal tersebut tak hanya tergantung dari ragam teknologi yang disajikan, tapi juga gaya berkendara serta faktor eksternal lainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X