Apa Benar Kondensor Mobil Baru Lebih Mudah Rusak?

Kompas.com - 05/01/2021, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKondensor merupakan salah satu komponen yang ada di AC mobil. Fungsinya yaitu untuk mengubah freon yang berbentuk gas menjadi cair dan mendinginkannya dengan bantuan motor fan atau kipas.

Biasanya posisi kondensor menempel pada bagian depan dari radiator. Kondensor sendiri terus berkembang seiring zaman. Pada mobil modern, kondensor dibuat agar lebih cepat dingin, sehingga saat baru menyalakan mobil, kabin langsung adem.

Service Advisor Rotary Bintaro Cabang Kuningan Oktama Kurniawan mengatakan, kondensor AC mobil modern biasanya terbuat dari aluminium dan dibentuk seringan dan setipis mungkin agar cepat melepaskan panas gas freon.

Baca juga: Siap-siap Bus Model Terbaru Meluncur di Tahun 2021

Cara Kerja Freon AC mobilRotarybintaro.co.id Cara Kerja Freon AC mobil

“Namun dari bentuk yang tipis dan ringan tadi, kondensor jadi lebih cepat mengalami kerusakan, khususnya kebocoran. Jika bocor, tidak ada solusi lain dan harus diganti dengan yang baru,” ucap Tama kepada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Jika mengakali dengan las aluminium, titik yang bocor tadi memang jadi awet, namun kebocoran malah berpindah ke titik lainnya. Kondensor sendiri tidak didesain untuk diservis atau diperbaiki, melainkan harus diganti jika sudah bocor.

“Berbicara mobil produksi tahun 1990-2000, kondensor dibuat lebih tebal dan awet. Kekurangannya yaitu jalur pendinginan freon jauh lebih sedikit dari mobil produksi sekarang,” kata Tama.

Baca juga: Ingat, Jangan Pakai Baju Warna Biru Saat Bikin SIM

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, mobil zaman sekarang memang menggunakan kondensor yang terbuat dari aluminium dan sama awetnya seperti yang terbuat dari tembaga.

“Paling risiko terkena kerikil yang dapat menyebabkan kebocoran, namun jarang terjadi juga. Bahan Aluminium ini ringan dan kuat, jadi lebih efisien,” kata Didi kepada Kompas.com.

Tapi pemilik mobil jangan khawatir, posisi kondensor ada di depan radiator dan di belakang gril, sehingga aman dari terkena kerikil. Namun mengemudi tetap harus berhati-hati, karena risiko kondensor bocor karena terkena kerikil tetap ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.