Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Ducati Sebut Dani Pedrosa Berjasa Besar Bagi KTM

Kompas.com - 02/01/2021, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM berhasil menunjukkan performa yang luar biasa di MotoGP 2020. Sedikit berbanding terbalik dengan Ducati yang mengalami kesulitan untuk tampil maksimal.

Di musim 2020, Ducati hanya merasakan dua kemenangan yang diraih oleh Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Sedangkan KTM, tiga kali meraih kemenangan.

Baca juga: KTM Pede Targetkan Juara Dunia MotoGP 2021

Menariknya, kemenangannya justru diraih oleh pebalap rookie Brad Binder dan dua kali diraih pebalap tim satelit Miguel Oliveira.

Rider Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, merayakan kemenangan di MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020).AFP/JOE KLAMAR Rider Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, merayakan kemenangan di MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020).

Paolo Ciabatti, Direktur Olahraga Ducati, mengatakan, KTM diuntungkan karena sudah melakukan banyak pengetesan sebelum musim 2020 dimulai. Sebab, saat itu statusnya masih sebagai tim konsesi.

"Anda bisa melakukan pengetesan kapan pun. Itu adalah keuntungan, tapi itu legal. KTM memiliki hak untuk pengetesan tersebut dan diuntungkan oleh situasi tersebut," ujar Ciabatti, dikutip dari Speedweek.com.

Baca juga: Bos KTM Bicara Soal Sasis Baja di RC16

Ciabatti mengatakan, dirinya yakin test rider KTM, yakni Dani Pedrosa, berjasa besar bagi pengembangan motor RC16. Menurutnya, Pedrosa mampu memberikan arahan yang tepat.

Pemenang MotoGP Ceko 2020, Brad Binder, dari tim Red Bull KTM Factory.AFP/JOE KLAMAR Pemenang MotoGP Ceko 2020, Brad Binder, dari tim Red Bull KTM Factory.

"Komitmennya terbayarkan. Dani melakukan pekerjaan yang luar biasa. Itu pilihan yang bagus. Jika Anda punya test rider seperti itu, dengan pengalaman yang banyak dan kharisma seperti itu, Anda akan menemukan solusi lebih cepat dan lebih efisien untuk pebalap pabrikan," kata Ciabatti.

Ciabatti menambahkan, para teknisi bisa fokus di area yang tepat dan meningkatkan motor yang menguntungkan para pebalap. Menurutnya, meskipun sudah pensiun sejak akhir 2018, Pedrosa tetap sangat kencang dan memiliki kondisi prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com