Fenomena Tren Baru, Banyak Karoseri Merombak Desain Jadi Model Jetbus

Kompas.com - 31/12/2020, 09:22 WIB
Bus AKAP PO Mulyo Indah KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIBus AKAP PO Mulyo Indah

JAKARTA, KOMPAS.com – Penampilan bus memang menjadi salah satu daya tarik penumpang untuk memanfaatkannya. Terkadang penumpang menginginkan tampilan bus yang kekinian dan terbaru dari karoseri dan meninggalkan desain bodi bus yang terkesan kuno.

Namun, perusahaan otobus (PO) tidak mungkin selalu membeli atau mengganti dengan model terbaru, mengingat biayanya yang mahal. Jadi cara lain untuk memperbarui tampilan bus ini yaitu dengan melakukan facelift, mulai bagian muka dan bagian belakang.

Dengan melakukan rombak, bagian tengah bus tetap dipertahankan, hanya mengganti muka dan bagian belakangnya saja. Tren yang lagi terjadi saat ini, adalah merombak bus dengan tampilan Jetbus 3+ double glass.

Baca juga: Perilaku Ini Membedakan Pengendara Motor Newbie Atau Andal!

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI ANUGRAH (@karoseriamstbogor)

 

Lalu mengapa model bus buatan karoseri Adiputro ini sering digunakan oleh bus lama yang ingin memiliki tampilan segar?

Rahmat, salah satu pemilik Karoseri Anugrah di Bogor, mengatakan, model Jetbus 3+ sering menjadi pilihan dikarenakan banyak yang menyukainya.

“Selain itu, aksesoris dari Jetbus 3+ gampang dicari, makanya banyak karoseri lain yang merombak bus lama menjadi model ini,” kata Rahmat kepada Kompas.com, Rabu (30/12/2020).

Baca juga: Akhir Tahun Cari Mobil Kota? Ignis Diskon Rp 20 Juta, Sirion Rp 15 Juta

Begitu juga yang dikatan Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya. Dimas mengatakan ada beberapa alasan mengapa model Jetbus buatan Adiputro menjadi favorit PO bus dan penumpang.

“Model busnya yang aman sehingga mudah diterima oleh orang awam. Kemudian suku cadangnya mudah ditemukan,” kata Dimas kepada Kompas.com belum lama ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X