Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klakson Telolet pada Truk Bisa Mengurangi Kemampuan Pengereman

Kompas.com - 29/12/2020, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Klakson telolet pada truk saat ini, memang tidak setenar beberapa tahun sebelumnya. Namun, bukan berarti modifikasi ini ditinggalkan begitu saja, masih kerap ditemui truk yang memakai klakson yang mampu mengeluarkan beragam model suara ini.

Klakson telolet biasanya mengandalkan angin dari tabung udara truk. Tabung udara truk ini sebenarnya berfungsi sebagai penyimpanan udara untuk sistem pengereman. Jadi dengan adanya klakson telolet, menambah beban tabung udara.

Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi Yudho mengatakan, klakson telolet yang memakai angin tentunya berpengaruh pada kapasitas udaranya, jadi cepat berkurang.

Baca juga: Kendaraan Niaga Dilarang Melintasi Jalan Tol Mulai Hari Ini!

Klakson teloletliputan6.com Klakson telolet

“Oleh karena itu, kebutuhan angin buat pengereman jadi berkurang. Dari APM pun tidak menyarankan melakukan pembuatann saluran baru untuk klakson telolet,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Selain itu, jika ingin udara di tangki cepat habis, bisa dengan menambah tangki khusus untuk klakson telolet. Dengan menambah tangki untuk klakson, tidak perlu mengubah tangki udara yang standar untuk pengereman.

Jika tidak dipisah, modifikasi klakson telolet ini bisa memicu rem blong. Seperti yang pernah diinvestigasi oleh Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi. Rem blong terjadi karena selang untuk klakson telolet lepas dari tabung udara.

Baca juga: Jelang Tutup Tahun, Besaran Diskon Xpander Mulai Mendekati Avanza

“Padahal tangki udara berisi udara bertekanan tinggi dan saat selang terlepas, dalam hitungan detik udara di dalamnya akan habis, artinya rem jadi blong,” kata Wildan kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian, Ahmad mengatakan, kendaraan truk jika tangki udaranya jebol, maka tidak ada pertahanan apapun lagi, kendaraan melaju tanpa kendali. Oleh karena itu sebaiknya modifikasi memasang klakson telolet ini dihindari demi keselamatan di jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com