Upgrade Audio Mobil Harus Total Kalau Mau Hasil Maksimal

Kompas.com - 28/12/2020, 17:01 WIB
Masih banyak yang ragu, apakah memodifikasi audio mobil dapat menggugurkan garansi? GridOto.com/IanMasih banyak yang ragu, apakah memodifikasi audio mobil dapat menggugurkan garansi?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang ada yang senang memodifikasi eksterior untuk memanjakan mata. Tapi, ada juga yang memilih untuk memodifikasi atau upgrade audio untuk memanjakan telinga.

Namun, tak sedikit yang mengerti cara benar upgrade audio mobil. Beberapa orang merasa cukup hanya dengan mengganti speaker saja, subwoofer saja, atau komponen lainnya.

Baca juga: Xpander Cross Rockford Fosgate, Jadi Alternatif Pecinta Audio

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam sistem audio, terdapat beberapa komponen utama, antara lain speaker, power amplifier, kabel, dan subwoofer.

Produk baru penunjang audio mobil LM-808 dari Kramat Motor.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Produk baru penunjang audio mobil LM-808 dari Kramat Motor.

Pujiyanto Suryana, teknisi audio dari MusicArt, mengatakan, bahwa semua komponen audio tersebut harus saling mendukung satu sama lain agar suara yang dihasilkan jadi maksimal.

"Audio itu seperti rantai, berhubungan semua. Kalau suara mau bagus, ya tidak bisa hanya ganti speaker saja atau subwoofer saja," ujar Puji, ketika dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Puji mengatakan, jika hanya mengganti salah satu komponen audio, pasti akan ada saja kekurangannya. Menurutnya, percuma saja menggunakan speaker yang bagus jika power amplifier tidak mendukung atau sebaliknya.

Baca juga: Modifikasi Audio Mobil, Gimana Caranya Agar Garansi Tak Gugur?

"Sebenarnya yang paling penting itu semuanya satu paket dan harus matching. Namun, tidak harus dari satu merek yang sama, yang penting cocok dan saling melengkapi," kata Puji.

Puji menambahkan, misalkan, speaker-nya butuh amplifier yang seperti apa, nanti amplifier-nya mencocokkan. Jadi, tidak masalah merek apa yang digunakan, yang penting terpenting adalah semuanya seimbang dan semua bersinergi. Maka itu, dinamakan sistem audio.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X