Usai Uji Jalan, PLN Pastikan Ketersediaan SPKLU di Rute Jakarta-Bali

Kompas.com - 28/12/2020, 13:41 WIB
Ilustrasi pemanfaatan SPKLU di PLN menggunakan Hyundai Ioniq KOMPAS.com/RulyIlustrasi pemanfaatan SPKLU di PLN menggunakan Hyundai Ioniq
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) telah menyelesaikan uji coba kendaraan listrik dengan rute perjalanan Jakarta-Bali dalam rangka mendorong penciptaan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KLBB).

Pada kesempatan itu pula, pihak perseroan yang diwakilkan Komisaris PLN, Dudy Purwagandhi memantau kesiapan serta ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrk Umum (SPKLU) di rute terkait.

Ia mengatakan, dengan telah diselesaikannya uji coba ini menandakan, infrastruktur kendaraan listrik dari Jakarta hingga ke Bali sudah siap digunakan dan dimanfaatkan untuk para pengguna kendaraan listrik.

Baca juga: Mobil Listrik Sudah Bisa Isi Daya di Ruas Tol Surabaya-Jakarta, Ini Titiknya

PLN dan Jasa Marga bamgun empat SPKLU di ruas tol Sirabaya-JakartaIstimewa PLN dan Jasa Marga bamgun empat SPKLU di ruas tol Sirabaya-Jakarta

"PLN berhasil membuktikan dengan SPKLU-nya bisa mengantarkan kendaraan listrik melaju jauh dari Jakarta sampai ke Bali tanpa hambatan dan kendala," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (28/12/2020).

Lebih lanjut Dudy menjelaskan, perjalanan menuju ke Bali ini memang dilakukan dengan santai dan tidak terburu-buru untuk mengejar waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, tujuan utamanya ialah untuk mencoba infrastruktur SPKLU yang sudah disiapkan oleh PLN sehingga ada beberapa titik pemberhentian untuk dilakukan pengisian.

“Kami telah sampai di Kantor Unit Induk Distribusi (UID) Bali. Kami ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh pihak terkait atas bantuan dan dukungannya sehingga perjalanan bisa diselesaikan dengan lancar dan tanpa halangan apapun” papar dia.

Baca juga: Anomali Mobil Elektrifikasi di Tengah Pandemi

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di FatmawatiPertamina Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

Melalui hasil tersebut, diharapkan masyarakat tidak lagi khawatir atas ketersediaan SPKLU saat menggunakan kendaraan listrik dalam rute perjalanan jarak jauh. Sehingga, pertumbuhan ekosistem bisa berjalan baik.

Rencananya, PLN akan terus meningkatkan jumlah SPKLU beroperasi di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan upaya PLN dalam mendukung percepatan program KLBB untuk transportasi jalan sesuai dengan Perpres No. 55 Tahun 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.