Ini Komponen yang Perlu Dicek Sebelum Berlibur Pakai Mobil

Kompas.com - 26/12/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi kompasiana.comIlustrasi mudik dengan mobil pribadi
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur bersama keluarga atau pulang ke kampung halamannya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, menggunakan mobil pribadi memang menjadi alternatif yang banyak dipilih untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Tetapi, sebelum melakukan liburan atau perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya lakukan persiapan yang maksimal.

Persiapan tidak hanya pada kondisi fisik saja, tetapi juga kondisi mobil yang akan dikendarai untuk menempuh perjalanan puluhan kilometer atau bahkan ratusan kilometer.

Baca juga: Mengapa STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Perlu Diblokir?

Agar selama perjalanan hingga liburan tetap nyaman dan berkesan, mobil yang akan digunakan dipastikan kondisinya layak pakai dan tidak ada kendala.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

Untuk memastikannya, kesehatan kendaraan pemilik sebaiknya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dari setiap komponen yang ada.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, ada beberapa komponen atau bagian yang perlu dilakukan pemeriksaan.

Seperti kondisi pelumasan (oli) dan juga cairan yang ada pada kendaraan. Bagian ini menjadi sangat vital ketika kendaraan digunakan untuk jarak jauh.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Saat Liburan Akhir Tahun Bisa Secara Online

“Baik itu cairan oli mesin, transmisi gardan, air radiator, oil brake, power steering dan lainnya,” ujar Supriyadi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika ada cairan yang berkurang atau tidak sesuai dengan ukurannya sebaiknya ditambah agar tidak menjadi permasalahan saat digunakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X