Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Komponen yang Perlu Dicek Sebelum Berlibur Pakai Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur bersama keluarga atau pulang ke kampung halamannya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, menggunakan mobil pribadi memang menjadi alternatif yang banyak dipilih untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Tetapi, sebelum melakukan liburan atau perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya lakukan persiapan yang maksimal.

Persiapan tidak hanya pada kondisi fisik saja, tetapi juga kondisi mobil yang akan dikendarai untuk menempuh perjalanan puluhan kilometer atau bahkan ratusan kilometer.

Agar selama perjalanan hingga liburan tetap nyaman dan berkesan, mobil yang akan digunakan dipastikan kondisinya layak pakai dan tidak ada kendala.

Untuk memastikannya, kesehatan kendaraan pemilik sebaiknya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dari setiap komponen yang ada.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, ada beberapa komponen atau bagian yang perlu dilakukan pemeriksaan.

Seperti kondisi pelumasan (oli) dan juga cairan yang ada pada kendaraan. Bagian ini menjadi sangat vital ketika kendaraan digunakan untuk jarak jauh.

“Baik itu cairan oli mesin, transmisi gardan, air radiator, oil brake, power steering dan lainnya,” ujar Supriyadi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika ada cairan yang berkurang atau tidak sesuai dengan ukurannya sebaiknya ditambah agar tidak menjadi permasalahan saat digunakan.

Selain itu, Bambang mengatakan, tekanan udara pada ban juga perlu diperhatikan. Dipastikan setiap ban mempunyai tekanan udara yang sudah sesuai dengan standar yang direkomendasikan.

“Dan jangan lupa juga membawa ban cadangan dan pastikan tools kit ada di dalam kendaraan,” katanya.

Kemudian, Bambang menambahkan, untuk mendapatkan visibilitas yang baik selama berkendara bagian kaca juga perlu dibersihkan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, pemeriksaan juga perlu dilakukan pada bagian air wiper hingga bagian kelistrikannya.

“Air wiper juga perlu dicek kalau airnya kurang ditambah, lalu periksa juga bagian kelistrikan, lampu-lampu kendaraan, pastikan semuanya berfungsi dengan baik,” katanya.

Didi menambahkan, kondisi ban juga perlu diperhatikan, pastikan kondisinya masih bagus dan layak digunakan untuk perjalanan jauh.

“Juga dilakukan pengecekan fungsi pengeremannya seperti ketebalan kanvas rem, serta kanvas kopling khususnya pada mobil manual,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/26/120200015/ini-komponen-yang-perlu-dicek-sebelum-berlibur-pakai-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke