Bahaya Menggunakan Earphone Saat Mengendarai Sepeda Motor

Kompas.com - 23/12/2020, 13:21 WIB
Salah satu kegiatan Yamaha Maxi Day, touring. YIMMSalah satu kegiatan Yamaha Maxi Day, touring.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak faktor yang dapat menyebabkan pengendara mengalami kecelakaan. Faktor manusia menjadi salah satu penyebab terbesar.

Untuk itu, penting bagi setiap pengendara untuk meminimalisasi potensi kecelakaan. Cara termudah adalah dengan tidak menggunakan earphone.

Baca juga: Mendengarkan Musik Saat Mengendarai Sepeda Motor Bisa Ditilang?

Pengendara yang menggunakan earphone dan terkoneksi ke ponsel untuk sekadar mendengarkan musik ketika berkendara tentu akan berbahaya baik untuk dirinya maupun orang lain.

Touring motor Foto: Istimewa Touring motor

Sebab, menggunanakan earphone dapat menyebabkan pengendara tidak waspada akan adanya suara-suara darurat di jalan raya, seperti klakson, sirine ambulance, sirine polisi, atau bunyi sirine pintu palang kereta api.

“Suara atau peringatan tersebut tidak boleh kita abaikan, karena merupakan beberapa peringatan yang bertujuan untuk mengetahui dan mengkondisikan jalan raya agar lebih aman dalam keadaan darurat,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Mengendarai Motor Sambil Dengarkan Musik Bahaya, Ini Penjelasannya

Selain itu, mendengarkan musik dengan volume suara yang keras ketika berkendara dapat menghilangkan fokus seorang pengendara.

Bisa saja seseorang membagi konsenstrasi mereka saat berkendara, sehingga tidak bisa mengendalikan motor ketika ada situasi bahaya mendadak di jalan raya.

Di sisi lain, volume suara earphone yang terlalu kencang saat mendengarkan musik juga dapat menghilangkan suara-suara ketika terjadi sesuatu pada kendaraan kita.

Ilustrasi berkendara atau riding.Dok. Shutterstock Ilustrasi berkendara atau riding.

“Misalkan, ketika ada suara mesin yang tidak biasanya atau pada roda-roda sepeda motor yang kita gunakan sehingga dapat membahayakan pengendara,” kata Ludhy.

Ludhy menambahkan, masih banyak lagi potensi bahaya yang harus diprediksi untuk meminimalisasi terjadinya suatu kecelakaan. Hal yang terpenting adalah kendalikan kecepatan sesuai aturan, gunakan perlengkapan berkendara yang aman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X