Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Fitur Suara Saat Mengemudi Pakai Aplikasi Navigasi

Kompas.com - 23/12/2020, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, beberapa orang memilih untuk bepergian dengan mobil pribadi. Tujuannya pun beragam, mulai dari jarak dekat sampai jauh.

Biasanya untuk pergi ke daerah baru, pengemudi mengandalkan aplikasi navigasi yang tersedia pada ponsel. Pengemudi tinggal memasukkan tujuannya lalu aplikasi tersebut akan menunjukkan jalan tercepat dengan kondisi real-time.

Lalu bagaimana agar bisa mengemudi dengan aman namun tetap mengandalkan aplikasi navigasi saat berlibur?

Baca juga: PSBB Jakarta Diperpanjang hingga Januari 2021, Bagaimana Ganjil Genap?

Ilustrasi GPS tracker kendaraan tambahan keamanancrid.com Ilustrasi GPS tracker kendaraan tambahan keamanan

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, mengemudi itu aktivitas yang multitasking, harus penuh konsentrasi dan fokus terhadap ancaman di jalan.

“Karena beratnya multitasking yang dilakukan pengemudi seperti injak gas, rem atau kopling, lihat sekitar (kendaraan), seharusnya segala tugas yang lain kalau bisa dieliminasi,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Tugas yang lain itu seperti melihat nama jalan yang dituju atau patokan jalan menuju tempat tujuan. Dengan adanya aplikasi maps sebenarnya membantu mengurangi tugas pengemudi.

Baca juga: Kesempatan Kedua Datsun Lewat Nissan Magnite

“Namun demikian, pengemudi tidak boleh fokus di aplikasi maps tadi. Artinya jangan terlalu memerhatikan display dan lebih baik menggunakan mode audio atau suara,” kata Jusri.

Sehingga sebelum melakukan perjalanan, bisa disetel terlebih dahulu aplikasi mapsnya. Kemudian besarkan volume aplikasi penunjuk arah tersebut dan mengemudi sesuai instruksi dari aplikasinya.

“Sesekali boleh mengecek keberadaan dia di mana. Dengan begitu, adanya alat navigasi tadi tidak terlalu mengganggu pengemudi,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com