Manfaatkan Fitur Suara Saat Mengemudi Pakai Aplikasi Navigasi

Kompas.com - 23/12/2020, 11:02 WIB
Tren GPS tambahan pada mobil mulai menurun akibat maraknya penggunaan smartphone. thrumylens.orgTren GPS tambahan pada mobil mulai menurun akibat maraknya penggunaan smartphone.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, beberapa orang memilih untuk bepergian dengan mobil pribadi. Tujuannya pun beragam, mulai dari jarak dekat sampai jauh.

Biasanya untuk pergi ke daerah baru, pengemudi mengandalkan aplikasi navigasi yang tersedia pada ponsel. Pengemudi tinggal memasukkan tujuannya lalu aplikasi tersebut akan menunjukkan jalan tercepat dengan kondisi real-time.

Lalu bagaimana agar bisa mengemudi dengan aman namun tetap mengandalkan aplikasi navigasi saat berlibur?

Baca juga: PSBB Jakarta Diperpanjang hingga Januari 2021, Bagaimana Ganjil Genap?

Ilustrasi GPS tracker kendaraan tambahan keamanancrid.com Ilustrasi GPS tracker kendaraan tambahan keamanan

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, mengemudi itu aktivitas yang multitasking, harus penuh konsentrasi dan fokus terhadap ancaman di jalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena beratnya multitasking yang dilakukan pengemudi seperti injak gas, rem atau kopling, lihat sekitar (kendaraan), seharusnya segala tugas yang lain kalau bisa dieliminasi,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Tugas yang lain itu seperti melihat nama jalan yang dituju atau patokan jalan menuju tempat tujuan. Dengan adanya aplikasi maps sebenarnya membantu mengurangi tugas pengemudi.

Baca juga: Kesempatan Kedua Datsun Lewat Nissan Magnite

“Namun demikian, pengemudi tidak boleh fokus di aplikasi maps tadi. Artinya jangan terlalu memerhatikan display dan lebih baik menggunakan mode audio atau suara,” kata Jusri.

Sehingga sebelum melakukan perjalanan, bisa disetel terlebih dahulu aplikasi mapsnya. Kemudian besarkan volume aplikasi penunjuk arah tersebut dan mengemudi sesuai instruksi dari aplikasinya.

“Sesekali boleh mengecek keberadaan dia di mana. Dengan begitu, adanya alat navigasi tadi tidak terlalu mengganggu pengemudi,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X