Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korlantas Polri Siap Gelar Rapid Test Antigen Secara Acak, Ini Lokasinya

Kompas.com - 22/12/2020, 13:02 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggandengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Korlantas Polri mengklaim telah menyiapkan 20.000 kit rapid test antigen untuk persiapan libur Natal dan tahun baru.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menjelaskan, selama arus mudik libur Natal dan tahun baru, pihaknya akan melakukan rapid test antigen di beberapa jalur mudik.

"Random cek rapid antigen akan kita lakukan di beberapa titik, antara lain di rest area dan pos-pos tertentu. Kita akan dibantu dengan BNPB dengan 20.000 rapi antigen," ucap Istiono disitat dari NTMC Polri, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Resmi, Liburan Naik Mobil Pribadi Tak Wajib Tes Antigen

Tak hanya saat arus mudik, pengecekan acak rapid test antigen bagi pengguna kendaraan pribadi juga akan dilakukan oleh jajaran Korlantas Polri saat arus balik.

Petugas melakukan pemeriksaan pada H-1 Lebaran di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Larangan diberlakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Petugas melakukan pemeriksaan pada H-1 Lebaran di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Larangan diberlakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.

Seperti diketahui, arus balik Natal diprediksi akan terjadi pada 30-31 Desember 2020, sementara untuk arus balik tahun baru sendiri pada 3-4 Januari 2021.

Pengawasan kepolisian untuk jalur darat terdahap kendaraan pribadi, menurut Istiono akan di pusatkan di dua lokasi, yakni terminal penumpang dan juga rest area. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

"Hal yang menjadi atensi kita itu adalah titik-titik, tempat-tempat terutama empat moda transportasi, darat, laut, udara, dan juga tempat wisata, kemudian tempat-tempat kerumunan lainnya berpotensi untuk penularan COVID-19," ujar Istiono.

Untuk melakukan pengawasan, Korlantas meluncurkan Tim Pamatwil yang bekerja hingga 4 Januari 2020. Tugasnya untuk mengawasi penegakan protokol kesehatan.

Baca juga: Juklak Kemenhub Soal Perjalanan Libur Natal dan Tahun Baru

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Seperti diketahui, meski rapid test antigen dibutuhkan bagi yang ingin melakukan perjalanan saat libur Natal dan tahun baru, namun dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), aturan rapid test antigen bagi kendaraan pribadi hanya berupa imbauan.

Kemenub masih membolehkan perjalanan darat dengan menggunakan rapid antibodi seperti sebelumnya serta menyertakan surat non-reaktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com