Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat, Hari Ini Tol Jagorawi Terapkan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mitigasi mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi, khususnya dari arah Bogor menuju Jakarta, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) akan melalukan uji coba rekayasa lalu lintas.

Pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas tersebut dimulai pada hari ini, Senin (21/12/2020). Tepatnya di lokasi pertemuan lalu lintas (merging) pada On Ramp Gerbang Tol (GT) Cibubur 2.

"Uji coba tersebut dilakukan sebagai langkah upaya penguraian kepadatan yang kerap kali terjadi di lokasi tersebut," ujar Tri Wahyu Subekti, General Manager Representatif Office 1 Regional JMT, dalam keterangan resminya, Minggu (20/12/2020).

Langkah uji coba rekayasa lalu lintas dilakukan bersama kepolisian yang akan dilakukan hingga awal Januari 2021 dengan skema sebagai berikut :

1. Pemasangan Water Barrier dari Km 14+500 sampai 13+500 arah Jakarta untuk mensterilkan bahu jalan;

2. Pemasangan traffic cone dari Km 13+400 sampai 13+200 arah Jakarta (setelah Chevron Cibubur sampai dengan Cibubur 2 Satelit untuk kanalisasi Cibubur 2) untuk mengurangi merging;

3. Menempatkan petugas Mobile Customer Services dan kendaraan bantuan lainnya di sekitar lokasi rekayasa lalu lintas sebagai langkah antispasi bila terjadi gangguan kendaraan.

Menurut Tri, pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat memperbaiki aliran lalu lintas, meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan lalu lintas, mengurangi kendaraan crossing, dan pada akhirnya dapat memperlancar lalu lintas.

"Hasil dari uji coba tersebut akan dilakukan evaluasi untuk diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar Cibubur arah Jakarta," kata Tri.

Selain itu, contraflow arah Jakarta yang dimulai pada KM 17+200 sampai KM 8+600 akan tetap dilaksanakan seperti biasa untuk mengurai kepadatan di sekitar Cimanggis arah Jakarta.

JMT mengimbau pengguna jalan atar tetap berhati-hati dan tertib selam berlangsungnya kegiatan uji coba rekayasa lalu lintas tersebut. Tidak lupa untuk selalu memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/21/081200315/ingat-hari-ini-tol-jagorawi-terapkan-uji-coba-rekayasa-lalu-lintas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke