Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lalin Indonesia Masih Tinggi, Tol Cipali Jadi Perhatian

Kompas.com - 18/12/2020, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan bahwa tingkat kecelakaan lalu lintas (lalin) dan angkutan jalan (LLAJ) di Indonesia sepanjang 2020 masih relatif tinggi.

Padahal, pada periode tersebut berbagai wilayah tengah mengalami penurunan volume kendaraan seiring diterapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai upaya menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menuturkan, sepanjang 2020 pihaknya melakukan investigasi kecelakaan LLAJ sebanyak 12 kasus. Adapun titik yang paling diperhatikan ialah tol Cipali.

Baca juga: Kata Toyota Soal Proses Pemulihan Industri Otomotif Indonesia

Kendaraan roda empat terbakar usai terlibat kecelakaan lalu lintas di Jalan By Pass Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis pagi.Istimewa Kendaraan roda empat terbakar usai terlibat kecelakaan lalu lintas di Jalan By Pass Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis pagi.

"Kecelakaan di Jalan Tol Cipali berupa tabrakan depan-belakang, bisa 36 kali kejadian dalam satu bulan. Kemudian (korban) dari warga yang menyeberang itu empat sampai lima kali," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/12/2020).

"Usaha kami untuk wilayah tol Cipali ini luar biasa, tapi kecelakaan 85 persen karena human factor, tepatnya kelelahan. Kami bersama Dirjen Darat dan pengelola tol terus berupaya menekannya," tambah Soerjanto.

Adapun jumlah investigasi kecelakaan di atasnya ialah moda udara yang sekaligus menjadi terbanyak selama tahun ini. Investigasi kecelakaan di sini berjumlah 24 kasus dengan kategori 10 kecelakaan dan 14 kecelakaan serius.

Baca juga: Begini Cara Merawat Mobil di Rumah Saat Libur Nataru 2020

Empat orang tewas dalam kecelakaan beruntun di Tol Cipali (Cikopo Palimanan) Km 150.700 Jalur A yang berada di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (23/8/2020) sekitar pukul 14.15 WIB.Dok Humas Polda Jabar Empat orang tewas dalam kecelakaan beruntun di Tol Cipali (Cikopo Palimanan) Km 150.700 Jalur A yang berada di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (23/8/2020) sekitar pukul 14.15 WIB.

Sementara tingkat korban jiwa akibat kecelakaan LLAJ di Indonesia pada 2001-2019 disebut cenderung naik dibanding Amerika Serikat dan Eropa.

Investigator LLAJ KNKT Budi susandi mengatakan dari tahun 2001 terdapat 10 ribu orang meninggal karena kecelakaan. Kemudian pada 2019, angka itu tidak kian menurun dengan jumlah kasus 40 ribu orang.

"Artinya per hari ada 70 orang yang meninggal akibat kecelakaan angkutan jalan, kalau bagi lagi per jam, maka ada tiga yang meninggal di jalan per jam," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com