Operasi Lilin 2020, Fokus pada Tindak Pidana

Kompas.com - 16/12/2020, 08:22 WIB
Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Polres Cianjur antisipasi lonjakan kendaraan yang bisa memicu kemacetan di jalur tersebut pada momen Natal dan Tahun Baru 2019/20 KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANVolume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Polres Cianjur antisipasi lonjakan kendaraan yang bisa memicu kemacetan di jalur tersebut pada momen Natal dan Tahun Baru 2019/20

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tengah memantapkan persiapan gelaran Operasi Lilin jelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020 alias Nataru.

Pasalnya, operasi yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia ini akan dihelat selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, tak jauh berbeda dari tahun lalu.

Hanya saja, fokus operasi sedikit berubah di mana ditujukan untuk pengamanan situasi kamtibmas selama libur panjang sehingga mampu menekan angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Mulai Meningkat

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

"Sesuai perintah Kapolri, seluruh Polda diminta membuat pemetaan daerah rawan tindak pidana dan kecelakaan lalu lintas. Sehingga, langkah pencegahan terhadap hal-hal tak diinginkan bisa optimal," ujar Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Selasa (15/12/2020).

Lebih lanjut, dalam Operasi Lilin 2020 jajaran Korlantas Polri juga akan membantu pemerintah daerah dalam menyosialisasikan dan mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Antara lain, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, kita harus selalu mengingatkan masyarakat untuk ketat dan disiplin dalam beraktivitas, khususnya di tempat umum," kata Istiono.

Baca juga: Kendaraan Bermotor Sumbang 60 Persen Polusi di Indonesia

Pasukan Polisi bersiap mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Jaya 2019 di Lapangan Promoter Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019). Operasi Lilin dilaksanakan pada 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pasukan Polisi bersiap mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Jaya 2019 di Lapangan Promoter Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019). Operasi Lilin dilaksanakan pada 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Guna menunjang operasi, ujar Istiono lagi, pihaknya bakal mendirikan pos-pos pengamanan dan pelayanan selama libur panjang Nataru. Untuk itu, koordinasi dengan wilayah untuk memetakan titik-titik sentral kewilayahan sangat diperlukan.

Misalnya, daerah-daerah mana sebagai jalur utama mudik, jalur alternatif, beberapa titik yang dibuatkan pos pengamanan, beberapa titik anggota harus digelar disana, beberapa pos pelayanan terpadu dan sebagainya.

"Sekali lagi kami tegaskan, pada libur panjang Nataru ini agar masyarakat benar-benar mentaati dan menjalankan protokol kesehatan, serta menghindari kerumunan di tempat-tempat keramaian, khususnya di obyek wisata," tutup dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.