Honda Masih Raba Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia

Kompas.com - 13/12/2020, 08:02 WIB
Teaser mobil listrik Honda yang akan diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2017. AutonewsTeaser mobil listrik Honda yang akan diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2017.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya era elektrifikasi di Indonesia, ternyata tak membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk langsung bergegas ikut meramaikan dengan meluncurkan produk.

Sebaliknya, Honda justru masih meraba dan mempelajari alur perkembangan elektrifikasi di Tanah Air. Hal ini dilakukan untuk melihat kemungkinan produk apa yang nantinya paling cocok di Indonesia.

"Tujuan akhir dari elektrifikasi goalnya adalah soal dampak lingkungan, menekan penggunaan bahan bakar, dan lain sebagainya. Menganti mesin bensin dengan tenaga listrik itu memang salah satu langkah, tapi mengembangkan teknologi lain yang ramah lingkungan itu juga termasuk," ujar Businees Innovation and Sales & Marketing PT HPM Yusak Billy, kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Honda Klaim City Hatchback Cocok di Indonesia, Sinyal Gantikan Jazz?

"Menciptakan mesin yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan itu jadi salah satu fokus kami, selain dari hybrid dan listrik. Kami punya line-up lengkap untuk elektrifikasi, dari hybrid plug-in, sampai full baterai, jadi untuk Honda memang sudah ada tergetnya," kata dia.

Ilustrasi mobil listrikSHUTTERSTOCK/PAUL CRAFT Ilustrasi mobil listrik

Menurut Billy, untuk saat ini sendiri Honda masih studi soal masalah infrastruktur yang ada di Indonesia bagi kendaraan elektrifikasi.  Termasuk soal minat dan ragam hal lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau sudah memiliki jajaran produk elektrifikasi yang cukup lengkap, namun untuk membawa dan memasarkan langsung di Indonesia tidak semudah itu. Karenanya harus dilakukan pembelajaran lebih dulu.

"Honda secara global sendiri sudah komitmen, akan melakukan penjualan mobil berbasis elektrifikasi 2/3 dari total produksi secara Honda pada 2030. Tapi sekali lagi, elektrifikasi itu sendiri merupakan salah satu strategi untuk mobil ramah lingkungan," ujar Billy.

Baca juga: Brio Satya Primadona, Honda Optimistis Tembus Target Penjualan

Honda e meluncur di Tokyo Motor Show 2019Azwar Ferdian/Kompas.com Honda e meluncur di Tokyo Motor Show 2019

"Nah melalui kita mengembangkan mesin yang ramah lingkungan, irit bahan bakar, serta memiliki gas buang yang minim, itu juga jadi strategi kami. Tinggal nanti mana yang akan diperkenalkan lebih dulu, itu semua akan tergantung dari infrastuktur, peraturan pemerintah, baru bisa kita pilih produk mana yang paling tepat diluncurkan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.