Hadapi Musim Hujan, Berikut Tips Memilih Car Cover

Kompas.com - 11/12/2020, 16:42 WIB
Ilustrasi sarung penutup mobil AlibabaIlustrasi sarung penutup mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk menjaga mobil terhindar dari ragam kerusakan ketika parkir di rumah, terkhusus saat musim penghujan.

Salah satunya ialah dengan mengenakan perlengkapan tambahan berupa cover mobil yang dapat mengurangi potensi risiko kendaraan terkena cakaran kucing, panas matahari, debu, kotoran, sampai air hujan.

"Secara umum, mobil tidak mudah berkarat dan baret karena pihak ketiga. Tapi memilih cover mobil tidak bisa sembarangan supaya optimal," kata Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Bos HRC Kecewa, Yakin Baru Bisa Juara Dunia Lagi di 2022

sarung mobilKompas.com/Fathan Radityasani sarung mobil

Pertama, pastikan ukuran selimut mobil sesuai dengan dimensi mobil Anda. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil agar bagian bawah sarung tidak kencang sehingga meninggalkan goresan halus.

Pilih cover mobil dengan bahan parasut atau polyester karena tahan air. Car cover berbahan parasut ada risiko berembun. Jika lebih sering parkir mobil di dalam ruangan, bisa pilih sarung mobil berbahan fabric.

"Ketiga, pastikan tidak mudah luntur. Jadi hati-hati ketika memilih cover berwarna terang karena berpotensi warna tadi luntur dan bisa mengenai eksterior mobil," ujar Ricky.

Baca juga: Selain Uji Tabrak, Ada 15 Fasilitas Pengujian di Proving Ground Bekasi

Salah satu jenis car cover yang bisa digunakan sebagai pelindung cat mobil, serta bagian tubuh lain kendaraan.istmewa Salah satu jenis car cover yang bisa digunakan sebagai pelindung cat mobil, serta bagian tubuh lain kendaraan.

Supaya dapat berfungsi dengan baik, cover dengan kualitas memadai tidak hanya terdiri dari satu lapisan saja. Di bagian luar terbuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari.

Pada lapisan kedua biasanya terdapat rongga untuk sirkulasi udara guna mencegah pengembunan. Lapisan ketiga atau lapisan paling bawah akan melindungi bodi mobil.

"Terakhir, silahkan beli car cover di tempat yang terpercaya seperti Auto2000 Digiroom karena terbuat dari material JN coating yang mengadopsi teknologi serat polyester modern," tutup dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X