Alasan Yamaha Sematkan Electric Power Socket Tipe Mobil di Gear 125

Kompas.com - 08/12/2020, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era serba digital ini, hampir setiap orang memiliki ponsel dan bergantung padanya. Untuk itu, sudah banyak produsen roda dua yang menyematkan soket pengecasan pada skuter matik (skutik).

Salah satunya pada skutik terbaru Yamaha, yakni Gear 125. Meski dibanderol Rp 16 jutaan, tapi fitur soket pengecasan atau electric power socket bisa ditemukan pada skutik ini.

Baca juga: Yamaha Tak Mau Gear 125 Dibandingkan dengan Honda BeAT

Namun, soket pengecasan pada Gear 125 ini menggunakan tipe car charger seperti yang ada pada mobil. Sementara, beberapa skutik lainnya sudah ada yang menggunakan USB socket.

Electric power socket pada Yamaha Gear 125Kompas.com/Donny Electric power socket pada Yamaha Gear 125

Keuntungan dari penyematan USB socket adalah penggunanya tidak perlu lagi menggunakan adapter. Cukup colok kabel data langsung ke soket tersebut.

Berbeda dengan car charger, penggunanya harus menggunakan adapter khusus. Namun, Yamaha memiliki alasan tersendiri mengapa tidak menyematkan USB socket.

Baca juga: Jajal Yamaha Gear 125, Libas Perkotaan Sampai Naik Bukit

Antonius Widianto, Manager Public Relation and Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, spesifikasi untuk ponsel berbeda-beda. Maka itu, disematkan soket tipe car charger.

Kymco GP 125Kompas.com/Donny Kymco GP 125

"Jadi, itu kan hanya sumber arus, tapi USB socket-nya ada resistance menyesuaikan arus yang masuk ke handphone, karena itu bervariasi, itu lebih aman kalau ada socket nya," ujar Anton, kepada wartawan, di sela-sela sesi test ride Geae 125, di Sentul, Bogor, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan kecepatan pengisiannya, adapter untuk ponsel umumnya ada dua jenis, yakni normal charging dan fast charging. Untuk itu, tidak disematkan USB socket pada skutik tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.