Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dokter Sebut Tulang Lengan Marquez yang Infeksi Harus Dipangkas

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Marc Marquez telah menjalani operasi ketiga pada cedera patah tulang lengan atasnya. Dokter Claudio Costa, spesialis dokter ortopedi sekaligus pendiri Clinica Mobile, mengatakan, ada prosedur yang bisa membuat cederanya lekas pulih.

Disebutkan bahwa Marquez mengalami infeksi pada tulang lengannya yang patah. Infeksi tersebut yang membuat pebalap asal Spanyol tersebut harus kembali dioperasi dan menjalani perawatan intensif.

Dokter Costa mengatakan, jika terjadi osteomielitis, bukan berarti kondisi ini tidak akan kambuh lagi suatu saat. Semua yang bisa dilaukan untuk membuat tulang tersebut sembuh harus dilakukan.

"Lepaskan pelat, pasang batang pengikat eksternal, dan jika perlu, gunakan batang pengikat jika harus memangkas humerus (tulang lengan) untuk membersihkan area tersebut," ujar dokter Costa, dikutip dari GPone.com.

Menurut dokter Costa, tidak akan ada masalah serius jika humerus menjadi sedikit lebih pendek. Sebab, tulang tersebut tidak digunakan untuk berjalan. Teknik serupa pernah dilakukan pada cedera kaki yang dialami Mick Doohan.

Sebelumnya, dokter Costa sudah mengatakan bahwa penggunaan pelat tidaklah tepat untuk jenis patah tulang seperti yang dialami Marquez. Solusi terbaik saat itu, menurutnya, adalah menyematkan pin.

"Faktanya, jika Anda ingin meraih hasil tertentu, Anda harus mengambil beberapa risiko. Pikirkan apa yang kami lakukan pada Mick Doohan. Jika mereka menggunakan pin, Marc sudah bisa balapan di Jerez dan menang di Brno," kata dokter Costa.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/08/074200315/dokter-sebut-tulang-lengan-marquez-yang-infeksi-harus-dipangkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke