Kulik Desain Toyota Corolla Cross Hybrid, Mobil Ramah Lingkungan Termurah

Kompas.com - 03/12/2020, 15:01 WIB
Test drive Toyota Corolla Cross Hybrid KOMPAS.com/RulyTest drive Toyota Corolla Cross Hybrid
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia telah menambah jajaran produk kendaraan ramah lingkungannya di tanah Air melalui Toyota Corolla Cross Hybrid yang diperkenalkan pada 6 Agustus 2020.

Menjadi produk ke-7 dalam keluarga kendaraan elektrifikasi Toyota di pasar dalam negeri, mobil ini memiliki beragam hal menarik. Satu di antaranya ialah harga yang lebih terjangkau yakni Rp 497,8 juta on the road DKI Jakarta.

"Otomatis, Corolla Cross Hybrid jadi mobil hibrida termurah di jajaran produk Toyota. Kami harap kehadirannya bisa memperluas pasar elektrifikasi Indonesia," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bocoran Toyota Sienta Baru, Kabin Lebih Luas dan Mesin Hybrid

Test drive Toyota Corolla Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Test drive Toyota Corolla Cross Hybrid

Kemudian daya tarik lainnya pada mobil ini ialah desain yang terkesan gagah tanpa menghilangkan rasa mewah. Sensasi tersebut dihadirkan baik dari eksterior maupun interior Corolla Cross Hybrid.

Secara keseluruhan, desain Corolla Cross Hybrid tak jauh berbeda dari versi konvensionalnya. Punya garis kaku, tegas, serta agresif dengan grill besar membuat mobil tampak bisa menaklukkan seluruh medan jalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya saja pada logo di muka terdapat iluminasi berwarna biru sebagai identitas atas kendaraan ramah lingkungan berteknologi hibrida. Lalu di sepasang mata sipit LED proyektornya juga ada sedikit aksen serupa.

Pada bagian bawah, terdapat lampu kabut membulat yang menjamin visbilitas solid di beragam kondisi jalan khususnya jalan berkabut.

Baca juga: Masih Gagah, Harga 6 SUV Bekas Ini Cuma Rp 50 Jutaan

Test drive Toyota Corolla Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Test drive Toyota Corolla Cross Hybrid

Dari samping mobil ini tampil berotot. Tapi ada ornamen chrome sebagai bingkai bagian atas jendela sekaligus garis atap. Pelindung bodi bagian bawah, berupa cladding berwarna gelap dan roof rail, penanda identitasnya sebagai sebuah sport utility vehicle (SUV).

Tapi bagian belakangnya terbilang minimalis. Tak banyak ornamen dan lekukan walau secara proporsi cukup pas karena memiliki pinggul yang besar.

Adapun akses untuk ke bagasi, sudah cukup mudah karena terdapat kick sensor. Tetapi, bagi Anda pemilik baru harus meraba dahulu sensor terkait karena posisinya cukup sulit dijangkau.

Bicara sektor interior, mobil ini masih terasa ada sensasi sedan khas Corolla. Hanya saja sudah dimodifikasi jadi lebih lebar dan modern dengan pergantian desain layout dasbor.

Baca juga: Bahas Desain Brio Satya, Mobil Terlaris Honda di Tengah Covid-19

Interior Toyota Corolla Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Interior Toyota Corolla Cross Hybrid

Sistem multimedia layar sentuh 9-inci dapat terhubung dengan smartphone secara Miracast. Bahkan head unitnya disiapkan mendukung mobilitas perkotaan. Ada pengingat tanggal hari ini, cocok bagi para pekerja di Ibu Kota mengingat terdapat aturan ganjil-genap.

Mobil ini memiliki dimensi yang cukup ringkas untuk ukuran SUV. Namun dirancang untuk mengangkut 5-penumpang, jadi ruang kabin yang ditawarkan memadai.

Begitupun kursi baris keduanya. Sudah dibekali sandaran tangan, tersedia tiga sandaran kepala pula. Seluruh jok dibalut kulit untuk memberi rasa nyaman.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.